Breaking News

kanal TECHNO

WA Kamu Disadap? Begini Cara Mendeteksinya

WA Kamu Disadap? Begini Cara Mendeteksinya
Ilustrasi (foto: sindonews.com)

WhatsApp (WA) kini jadi salah satu aplikasi paling diminati masyarakat. Diperkirakan sekarang, WA digunakan oleh lebih 1,5 miliar orang per hari.

Media sosial ini sangat simpel. Tidak hanya pesan teks seperti sms, WA juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai dokumen lain, seperti foto dan video. Karena penggunaan yang mudah, tidak heran jika aplikasi ini paling diminati bahkan oleh para pejabat pentig di berbagai negara.

Karena begitu banyaknya pengguna WA, tidak heran jika kemudian ada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab membuat software untuk bisa menyadap komunikasi pribadi di WhatsApp, meskipun layanan ini sudah menerapkan enkripsi end-to-end.

Tentu masih banyak pengguna WA yang belum mengetahui apakah komunikasi dia aman atau tidak dari penyadapan?

Bagaimana mengetahui kalau WhatsApp disadap atau diakses pihak lain? Berikut informasinya dikutip dari blog Avira dan sejumlah sumber lainnya.

1. Pengguna Tidak Bisa Login

Satu nomor telepon pada dasarnya hanya bisa dipakai di satu aplikasi WhatsApp atau biasa disebut dengan istilah single-device login.

Nah, jika mendadak kamu keluar atau log out dari aplikasi WhatsApp tanpa sadar, kemungkinan ada pihak lain yang sedang memakai nomor telepon kamu untuk login di aplikasi WhatsApp.

Padahal, untuk bisa login di sebuah perangkat, WhatsApp biasanya meminta kode one time password atau OTP yang langsung dikirim ke nomor telepon tersebut.

Untuk itu, jangan pernah memberikan kode OTP ini kepada siapa pun. Ini juga mungkin terjadi ketika nomor telepon telah digandakan, sehingga peretas bisa membuka pesan yang masuk berisi OTP.

2. Tak Bisa Menelepon Via WhatsApp

Blog Avira menyebut, jika pengguna tidak bisa menelepon via WhatsApp bisa jadi tanda jika WhatsApp mereka sudah disadap pihak lain.

3. Cek WhatsApp Web

WhatsApp Web merupakan sebuah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengakses WhatsApp via browser di perangkat laptop atau komputer. Fitur ini sangat krusial untuk pengguna yang memakai PC, tetapi di sisi lain ini memungkinkan peretas atau pihak lain untuk menyadap akun WhatsApp.

Untuk mengetahui apakah akun WhatsApp kamu disadap, kamu bisa membuka Setting atau menu Titik Tiga di kanan atas WhatsApp, kemudian pilih WhatsApp Web.

Jika ternyata kamu login di perangkat yang tidak kamu kenali dengan lokasi yang tak dikenal pula, pilih logout atau keluar dari semua perangkat.

Opsi ini juga bisa dilakukan dari perangkat iOS, caranya pilih Setting di kanan bawah, kemudian pilih WhatsApp Web dan cek perangkat terhubung. Kalau perangkat tersebut tidak dikenal, sebaiknya pilih logout dari semua perangkat.

4. Pesan Terbaca Padahal Kamu Tidak Buka

Tanda lain kalau WhatsApp telah disadap pihak lain adalah ada pesan yang terbaca padahal kamu tidak membuka pesan tersebut.

Tanda pesan sudah dibaca adalah tanda centang dua yang berubah menjadi biru, jika fitur ini telah diaktifkan sebelumnya.

Namun jika pengguna tidak mengaktifkannya, ia juga bisa menyadari pesan-pesannya telah dibaca dengan melihat apakah notifikasi angka di tiap obrolan telah hilang.

Ketika pengguna belum membuka pesan dari satu kontak tetapi tanda notifikasi angkanya telah hilang, kemungkinan ada orang lain yang membuka obrolan WhatsApp kamu.

5. Kirim Pesan Tanpa Sepengetahuan Pengguna

Tanda lain yang bisa menjadi kecurigaan kalau akun WhatsApp disadap adalah ada pesan yang tidak pernah kita kirimkan. Dari situ bisa diketahui, ada pihak lain yang ternyata sedang mengintip WhatsApp kita.

6. Baterai Cepat Habis

Cara lain mengetahui apakah WhatsApp disadap adalah menyadari saat baterai perangkat cepat terkuras.

Baterai terkuras memang tak menjadi bukti valid bahwa WhatsApp telah disadap, tetapi bisa jadi salah satu indikasi bahwa aplikasi-aplikasi di perangakt termasuk WhatsApp terus bekerja, meski si pengguna tidak membukanya.[]

Komentar

Loading...