Breaking News

Tips Menjawab Soal Test CPNS

Tips Menjawab Soal Test CPNS
Karisma Lana Barus (foto: dok Ist)

Seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) masih berlangsung hari ini, Senin (10/2/2020). Bagi peserta, kegiatan ini tentu saja menjadi momen paling penting. Ada yang menyikapinya dengan tenang, tidak sedikit pula yang resah-gelisah. Nah, berikut disajikan sejumlah tips menghadapi tes CPNS.

Mungkin pengalaman seorang peserta di Riau, Kharisma Lana Barus, bagus menjadi inspirasi. Wanita ini lulus SKD dengan skor tertinggi, yakni 419 poin dengan rincian TWK 105, TIU 165, dan TKP 149. 

Dikutip dari berbagai sumber, Lana, panggilan akrab gadis ini, membagikan tips mengerjakan soal SKD CPNS 2019 yang berjumlah 100 soal dalam waktu 90 menit?

1. Baca Kisi-kisi

Lana mengungkapkan peserta SKD CPNS 2019 sangat penting membaca kisi-kisi yang telah diumumkan pemerintah.

Menurut Lana, soal yang keluar sama persis dengan yang dimuat di kisi-kisi SKD CPNS 2019."Pelajari kisi-kisi dulu, soalnya persis sama kisi-kisi," ungkap Lana saat dihubungi Tribunnews melalui telepon, Jumat (7/2/2020).

2. Kerjakan Tes Karakter Pribadi (TKP) Dahulu

Kepada Tribunnews, Lana mengaku mengerjakan soal TKP terlebih dahulu saat melakoni tes SKD. Diketahui, soal TKP memiliki besaran bobot nilai di semua poin jawaban. Jawaban tertinggi berpoin 5, sedangkan terendah berpoin 1. Artinya, tidak ada soal yang tidak memiliki sumbangan poin.

3. Alokasikan 30 Menit

Lana mengungkapkan, mengerjakan soal TKP di awal tes, dirinya mengalokasikan waktu 30 menit. "Waktu itu ngikutin saran ngerjain TKP dulu, pas udah 30 menit langsung lanjut ngerjain TWK sama TIU," ujar Lana.

Untuk lolos passing grade (PG) peserta harus memiliki nilai sama dengan atau lebih dari ambang batas yang ditentukan di semua bagian soal baik TKP, TIU, maupun TWK.

Jika satu bagian tidak memenuhi ambang batas yang ditetapkan, maka peserta tidak memenuhi PG.

4. Jawab Semua Soal dan Sisakan Waktu Pengecekan

Dalam tes SKD CPNS, semua soal perlu dijawab. Meski jawaban pada TIU dan TWK salah, tidak mendapat pengurangan skor atau minus.

Lana menyebut, setidaknya menyisakan waktu 10 menit untuk melakukan pengecekan. "10 menit untuk cek keseluruhan," ungkapnya.

5. Belajar dan Berdoa

Lana juga mengungkapkan untuk menghadapi rangkaian tes CPNS, peserta harus senantiasa giat belajar dan berdoa. "Belajar terus, berdoa terus," ungkapnya.

Sementara itu Lana tak memungkiri merasakan kepanikan saat mengerjakan. "Awalnya panik, TKP agak susah, TIU sempet blank, tapi akhirnya bisa dibuat santai," ujarnya.

Lana menyebut masih memiliki sisa 5 menit dalam mengerjakan SKD."Masih ada 5 menit udah keisi semua," ujarnya.[]

Komentar

Loading...