Breaking News

Tetap Digelar, Dieng Culture Festival Kali Ini Hadir Secara Virtual

Tetap Digelar, Dieng Culture Festival Kali Ini Hadir Secara Virtual
Ilustrasi: kegiatan Dieng Culture Festival tahun lalu (foto: repro)

BANJARNEGARA – Banyaknya masukan masyarakat agar kegiatan Dieng Culture Festival (DCF) tetap digelar meski masih pandemi Covid-19 memaksa Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, memutar otak. Mereka kemudian memutuskan untuk menyelenggarakan acara itu secara virtual.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Banjarnegara, Agung Yusianto mengatakan kepada Antara, event DCF 2020 akan dilaksanakan pada 16 – 17 September secara virtual. Pola ini dipilih, katanya, untuk menghindari terjadi kerumunan yang bisa menyebabkan resiko penularan Covid-19.
 
Dia menyebutkan, meskipun dilaksanakan secara daring, DCF tetap dilangsungkan di lokasi. Karena ada kegiatan tertentu yang harus dilakukan di lapangan, sehingga tidak melenceng dari tujuannya yakni melestarikan kebudayaan lokal.
 
Dikatakan, salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah ritual adat cukur rambut gimbal. Untuk tahun ini, ada dua anak yang akan melakukan prosesi pemotongan rambut. Kegiatan ini, katanya, tetap berpedoman pada protokol kesehatan secara ketat.

20200914-rambut-gimbal

Sumber foto: Garuda Jateng

Masyarakat diharapkan bisa menyaksikan setiap agenda kegiatan melalui siaran langsung lewat berbagai flatform media. Masyarakat sama sekali tidak diperkenankan berkunjung ke lokasi.
 
Pihak Disparbud mengingatkan kembali bahwa keputusan untuk tetap melaksanakan DCF didasari permintaan masyarakat, Karena itu, ditegaskan, tidak ada sedikitpun opsi tatap muka seperti tahun-tahun sebelumnya.
 
"Kalau diselenggarakan secara tatap muka seperti tahun-tahun sebelumnya, bisa menimbulkan kerumunan yang luar biasa besar. Karena itu pilihan menyelenggarakan secara virtual kami rasa akan lebih bijaksana untuk dilakukan pada masa pandemi seperti sekarang ini," ucapnya. [K73-gyh]

Komentar

Loading...