Breaking News

Terkait Disertasi “Seks Halal di Luar Nikah”, DPR: Copot Rektor dan Direktur Pasca UIN Yogyakarta!

Terkait Disertasi “Seks Halal di Luar Nikah”, DPR: Copot Rektor dan Direktur Pasca UIN Yogyakarta!
Direktur Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, Noorhaidi Hasan (foto: repro)

YOGYAKARTA – Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Sodik Mudjahid, meminta Presiden Jokowi mencopot Rektor dan Direktur Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang telah meloloskan disertasi tentang “Seks Halal di Luar Nikah”. Tapi, pihak UIN Yogya menyatakaan permintaan tersebut tak berdasar.

Menurut Direktur Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, Noorhaidi Hasan, disertasi tentang seks bebas itu merupakan karya ilmiah yang telah melalui prosedur akademik. Padahal karya tulis itu telah menimbulkan kontroversi di publik.

Terkait tuntutan agar penulis disertasi itu dipecat, Noorhaidi Hasan menanggapinya dengan santai. Ia menyerahkan sepenuhnya urusan itu kepada pejabat yang berwenang. "Yang penting kami sudah bertanggung jawab dan melakukan semua hal yang terbaik untuk menangani masalah ini," kata Noorhaidi kepada sebagaimana dilansir dari detikcom, Rabu (4/9/2019).

Noorhadi menjelaskan, pihaknya sudah menjalankan prosedur akademik. “Bahwa kemarin ada persoalan sedikit di bagian rekomendasi sudah kita minta direvisi kan. Saya kira semestinya itu sudah selesai urusannya. Pak Aziz juga sudah menyampaikan (permintaan maaf)," tuturnya.

Sementara terkait kritik pedas yang dilayangkan MUI yang diarahkan kepada institusi UIN Sunan Kalijaga, Noorhadi tak mau mengambil pusing. Sebab apa yang ditulis Abdul Aziz bukanlah fatwa hukum yang mengikat. "Pak Aziz sekedar mengkaji (pemikiran Muhammad Syahrur, Red) saja, kajian biasa saja. Itu banyak kok tesis-tesis S2 itu banyak juga yang mengkaji tentang (pemikiran) Syahrur itu, S1 di mana-mana, di seluruh Indonesia," tutupnya.

Sekedar mereview, disertasi berjudul 'Konsep Milk al-Yamin Muhammad Syahrur sebagai Keabsahan Hubungan Seksual Nonmarital' diujikan di UIN Sunan Kalijaga pada 28 Agustus lalu. Lewat disertasinya ini, kandidat Doktor Abdul Aziz dinyatakan lulus dengan beberapa catatan dari penguji.[*]

Komentar

Loading...