Breaking News

Tak Disiplin, Anggota Polres Aceh Jaya Dipecat

Tak Disiplin, Anggota Polres Aceh Jaya Dipecat
Upacara PTDH di Polres Aceh Jaya (foto: dok Ist)

CALANG – Seorang anggota Polres Aceh Jaya, Briptu Dodi Irawan, dipecat karena tidak disiplin. Informasi yang berkembang menyebut, yang bersangkutan tidak masuk kerja selama 30 hari lebih.

Dodi Irawan diberhentikan sesuai Keputusan Kapolda Aceh Nomor: Kep/237/VIII/2019 tanggal 09 Agustus 2019 tentang Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) dari Dinas Kepolisian kepada 1 Personil Kepolisian Resor Aceh Jaya an. Briptu Dodi Irawan.

Dalam diktum keputusan itu disebutkan, yang bersangkutan telah meninggalakn tugas secara tidak sah selama lebih dari 30 hari (disersi). Kesalahan tersebut dinyatakan melanggar pasal 14 Ayat (1) huruf a, PP RI Nomor 1 Tahun 2003 tentang Pemberhentian Anggota Polri.

Upacara pemberhentian Dodi Irawan dilakukan dalam sebuah upacara Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) di lapangan utama Mapolres Aceh Jaya, Rabu (18/9/2019). Acara itu dipimpin langsung Kapolres Aceh Jaya AKBP Eko Purwanto, dihadiri Wakapolres dan para pejabat di jajaran Polres setempat. 

Dalam pidatonya, Kapolres mengatakan, Dodi dipecat karena tidak menjalankan kewajiban sebagai anggota Polri. Ia mengajak seluruh anggota Polri di bawah kepemimpinannya agar menjadikan kasus tersebut sebagai pembelajaran, sehingga tidak ada anggota lain yang melakukan hal serupa.

Ia menyatakan sangat prihatin atas kasus yang menimpa anak buahnya itu dan mengaku melakukan PDTH dengan berat hati. “Saya melakukan ini dengan sangat berat. Ini pilihan terakhir, tetapi memang harus dilakukan,’’ ujarnya.

Kapolres meminta Dodi Irawan agar tidak sakit hati, dendam atau marah kepada siapapun. Ia meminta mantan anggota polisi itu menjadikan peristiwa tersebut sebagai pembelajaran hidup sehingga ke depan menjadi lebih baik di tengah-tengah masyarakat. 

Kapolres juga menyemangati Dodi. “Setelah keluar dari Institusi Kepolisian masih banyak profesi yang bisa saudara geluti atau saudara lakukan. Saudara masih muda dan masih ada kesempatan menuju masa depan yang lebih baik dan tetap menjaga hubungan silaturahmi dengan baik,” nasihatnya.[*]

Komentar

Loading...