Breaking News

Swedia Berniat Investasi di Aceh

Swedia Berniat Investasi di Aceh
Wali Nanggroe Tgk Malik Mahmud Al-Haythar melakukan foto bersama dengan Duta Besar Finlandia Mr Jari Sankiri di ruang kerja Duta Besar Finlandia  kawasan Mega Kuningan Jakarta, Jumat (6/9/2019). Foto:KANAL73/saifullah

JAKARTA – Duta Besar Swedia, Marina Berg, mengatakan, negaranya punya niat untuk melakukan investasi di Provinsi Aceh dalam bidang energi dan lingkungan hidup. Kerja sama serupa sebelumnya telah dijalin dengan Pemerintah Indonesia.

Hal itu disampaikan Marina Berg saat menerima kunjungan Wali Nanggroe Aceh (WN) Aceh, Tgk Malik Mahmud Al-Haythar, di Menara Rajawali kawasan Mega Kuningan, Jalan Dr Ide Anak Agung, Jakarta Pusat, Kamis (5/9/2019).

Karena itu, dia menyambut baik kunjungan Wali Nanggroe Aceh dengan harapan apa yang hendak diniatkan bisa direalisasi. Kepada Dubes, Wali Nanggroe Tgk Malik Mahmud Al-Haytar menjelaskan perkembangan Aceh setelah 14 tahun perdamaian kepada Mrs Marina Berg. Aceh, kata Wali Nanggoe, sekarang dalam tahap membenah diri di berbagai sektor.

“Kami berharap Swedia dapat berpartisipasi dalam tahapan-tahapan pembangunan tersebut, husus sektor ekonomi, teknologi, kesehatan dan pendidikan," ujar Tgk Malik Mahmud didampingi staf khusus M. Raviq

Malik Mahmud mengundang Mrs Marina Berg untuk menghadiri peringatan MoU Helsinki Ke 15 tahun pada Agustus 2020 mendatang. Undangan itu direspon Dubes Marina Berg dan wakilnya, Johan Hultquist, bahwa mereka bersedia hadir ke Aceh dalam waktu dekat.

Selain itu, Dubes juga menyatakan bakal hadir pada acara 15 tahun perdamaian MoU Helsinki tahun 2020. Selama di Jakarta, Malik Mahmud juga bertemu dengan Duta Besar Filandia Mr Jari Sankiri. Dengan wakil Pemerintah Finlandia tersebut, Wali Nanggroe juga membicarakan peran Filandia dalam proses perdamaian Aceh.

Seusai pertemuan, Malik menjelaskan kepada wartawan, bahwa pihaknya juga mengajak Pemerintah Filandia untuk kerja sama di bidang ekonomi, pendidikan dan kesehatan dengan Aceh. Dubes Finlandia juga menyatakan bakal berkunjung ke Aceh dengan tujuan potensi ekonomi di Aceh.

Sebagaimana Swedia, Dubes Finlandia juga menyatakan hadir pada acara peringatan 15 tahun perdamaian MoU Helsinki tahun 2020.[saifullah]

Komentar

Loading...