Breaking News

Jadilah Kolomnis Kanal73

Ruang untuk gagasan Anda tentang berbagai hal, seperti permasalahan sosial, politik, ekonomi, pendidikan atau budaya.

Susah Sinyal Belajar Online? Jangan Risau, Ini Alternatif Solusinya!

Susah Sinyal Belajar Online? Jangan Risau, Ini Alternatif Solusinya!
Ilustrasi (foto: merdeka.com)

KINI, belajar secara online atau dalam jaringan (daring) sudah menjadi rutinitas baru bagi kalangan akademisi sejak pandemi Covid-19 melanda. Belajar dengan pola jarak jauh berlangsung di berbagai level, baik tingkat kelompok belajar (KB) bahkan hingga mahasiwa pun dipaksa menekuni sistem baru ini.

Keberhasilan belajar online pastinya mutlak membutuhkan jaringan internet. Kalau tidak, program belajar demikian pasti terkendala.

Tapi, masalahnya sampai sekarang pemerataan jaringan internet di setiap penjuru daerah di Indonesia belum sepenuhnya ideal. Sejumlah daerah belum merasakan kemudahan akses internet seperti yang diinginkan, terutama daerah 3T (tertinggal, terdepan, terluar).

Menurut data Kominfo tahun 2020 sebagaimana dilansir dari bisniscom, informasi perluasan sarana infrastruktur layanan jaringan 4G yang dibangun khususnya di daerah 3T baru mencakup 9.622 desa/kelurahan dari keseluruhan 11.228 desa di daerah 3T.

Meski demikian, tetap saja masih terdapat daerah yang minim koneksi internet hingga membuat peserta didik kesulitan menikmati kenyamanan belajar di rumah.

Dalam serba keterbatasan itu, mereka tetap dituntut untuk selalu memiliki ide kreatif dan solusi cerdas manakala harus berhadapan dengan situasi sulit seperti sekarang ini.

Mencermati situasi ini, berikut disajikan bebrapa alternatif cara agar peserta didik tetap eksis belajar online kapanpun. 

1.  Menggunakan provider Internet tertentu

Kadang di setiap daerah, jangkauan layanan jaringan setiap provider/jasa internet bisa berbeda kualitasnya. Maka disarankan jika memungkinkan agar menggunakan provider internet sebagai sarana pendukung belajar online sesuai dengan kualitas yang ada di wilayah tersebut.

Tolak ukurnya bisa diambil sejauh mana kekuatan sebaran sinyal pada provider di hapemu.

2.  Nebeng Temen

Jika kamu memiliki teman karib dan kebetulan dia memiliki akses internet yang lumayan dan bisa membantumu memperlancar proses belajar online, tidak ada salahnya kamu meminta bantuan kepadanya, asalkan dengan sopan dan kamu juga pengertian kepadanya

3.  Wifi gratis di warkop

Warung kopi biasanya menyediakan akses internet untuk pelanggan. Hal itu tentu bisa kamu manfaatkan apabila kamu membutuhkan. 

Keuntungannya selain murah, kamu bisa bersantai ria sambil belajar. Tapi, yang perlu diingat tetap disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan ya!

4.  Pergi ke lokasi ketinggian

Apabila kamu terpaksa harus keluar mencari akses jaringan, sebaiknya pergilah ke tempat yang daerahnya memiliki kontur lokasi dataran tinggi. 

Karena biasanya daya tangkap sinyal jarak yang jauh bisa terserap oleh perangkat elektronik (hp/laptop) di daerah ketinggian tanpa halangan bangunan atau pepohonan. 

5. Memasang jasa internet rumah 

Solusi ini menjadi pilihan bijak ketika semua cara yang kamu tempuh kurang memberi kemudahan. Meski biaya pemasangan internet di kota biasanya terbilang cukup terjangkau.

Berbeda dengan di daerah pedalaman, harganya bisa melambung tinggi mengikuti kondisi daerah.

Untuk solusi ini bisa dipikirkan ulang, mengingat biayanya tak seharga membeli sayuran di pasar.

Semoga memberikan manfaat! 

* Wartawan Kanal73

Tulisan ini adalah kiriman dari pembaca, isi dari tulisan di luar tanggung jawab redaksi!
Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...