Breaking News

Dampak Corona

Setelah Galus, Aceh Selatan Juga Dinyatakan Tertutup

Setelah Galus, Aceh Selatan Juga Dinyatakan Tertutup
Ikon Kota Tapaktuan (foto: repro)

BANDA ACEH – Terhitung sejak Jumat (27/3/2020) Kabupaten Aceh Selatan dinyatakan sebagai daerah tertutup. Kebijakan isolasi wilayah hingga tanggal 29 Mei 2020 diambil Pemerintah setempat sebagai langkah antisipasi penyebaran virus Corona (Covid-19) yang disinyalir semakin meluas.

Langkah serupa sehari sebelumnya telah dimulai oleh Pemkab Gayo Lues. Bupati setempat, Muhammad Amru, telah menyampaikan imbauan agar masyarakat Galus yang bermukim di luar untuk sementara waktu tidak kembali ke sana. Amru didampingi pejabat penting daerah juga telah menyampaikan seruan melalui tayangan video.

Di Aceh Selatan, pernyataan “lockdown” ala daerah itu disampaikan oleh Sekda Nasjuddin SH MM seusai rapat Tim Gugus di kantor bupati setempat, Jumat (27/03/2020). "Ini dilakukan supaya memutuskan mata rantai penyebaran virus Covid-19 di Aceh Selatan,” kata Nasjuddin.

Ia menjelaskan, kebijakan lockdown diberlakukan mulai hari ini, Jumat (27/3/2020) hingga 29 Mei 2020. Masyarakat dharapkan agar menghindari tempat-tempat keramaian. “Siswa dan siswi tetap belajar di rumah," harapnya.

Nasjuddi juga mengingatkan agar masyarakat tidak panik menyikap situasi yang berkembang. "Sesuai status darurat yang di keluarkan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Aceh mengenai Covid-19 ini makanya untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid 19 ini Pemkab Aceh Selatan melakukan lockdown. Kebiajak ini bisa diperpanjang, juga bisa di perpendek," tandasnya.

Gayo Lues mulai memberlakukan lockdown sejak Sabtu 28 Maret 2020. Pemerintah setempat membatasi arus masuk ke wilayah Gayo Lues, termasuk bagi warga daerah itu yang saat ini bermukim di luar daerah.

Amru mengatakan, pihaknya sudah sepakat, sejak 28 Maret tidak menerima warga yang pulang dari Pulau Jawa, Banda Aceh, dan Sumatera Utara. “Kalau memang tidak terlalu penting, jangan pulanglah. Sayangi masyarakat Gayo Lues, seperti kami sangat menyayangi saudara-saudara ku semua,” kata Amru.[]

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...