Breaking News

Covid-19 di Aceh

Sembilan Daerah yang Kemarin Merah, Kini Kuning

Sembilan Daerah yang Kemarin Merah, Kini Kuning
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo

BANDA ACEH – Tim Gugus Tugas Covid-19 Pusat meng-update perkembangan status daerah darurat Covid-19. Sejumlah daerah di Aceh yang sebelumnya berstatus zona merah dinyatakan berubah menjadi kuning.

Perkembangan ini disampaikan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo. Ada 138 kabupaten/kota di Indonesia sekarang berstatus zona kuning.

Dia berkata, zona kuning merupakan wilayah dengan tingkat penyebaran virus corona yang dinilai rendah. "Saya mengumumkan 136 kabupaten/kota di zona kuning untuk mempersiapkan aktivitas masyarakat produktif dan aman COVID-19," kata Doni dalam keterangan pers yang disiarkan langsung channel YouTube BNPB, Senin (8/6).

Menurut Asisten II Setda Aceh T Ahmad Dadek, di Aceh tidak ada lagi daerah yang berstatus zona merah saat ini. “Semua daerah yang kemarin zona merah sudah berubah kuning. Status ini ditetapkan Pusat, bukan provinsi,” katanya, Senin (8/6/2020) sore.

Dia menambahkan, daerah yang sebelumnya sudah berstatus hijau, tetap hijau. Tidak mengalami perubahan. “Yang hijau tetap,” ujarnya.

Berdasarkan analisa tim pakar Gugus Tugas Covid-19, sambungnya, yang masuk zona kuning adalah daerah yang rendah tingkat risiko penularan Covid-19.

Sedangkan yang masuk zona hijau adalah daerah yang tidak terdampak Covid-19. “Artinya, risiko penyebaran virus tetap ada, tetapi tidak ada kasus positif,” sebutnya.

Sebelumnya, Pemerintah Aceh mengumumkan sembilan kabupaten/kota masuk dalam zona merah Covid-19 dan 14 kabupaten/kota masuk zona hijau. Zona merah terdiri dari Banda Aceh, Pidie, Simeulue, Aceh Barat Daya, Aceh Tamiang, Lhokseumawe, Bener Meriah, Gayo Lues, dan Aceh Utara.

Sedangkan 14 kabupaten/kota yang berstatus zona hijau terdiri atas Pidie Jaya, Aceh Singkil, Bireuen, Aceh Jaya, Nagan Raya, Subulussalam, Aceh Tenggara, Aceh Tengah, Aceh Barat, Aceh Selatan, Sabang, Langsa, Aceh Timur, dan Aceh Besar.[]

Komentar

Loading...