Breaking News

Selesai Wisuda, 11 % Lulusan SMTI Langsung Diterima Bekerja

Selesai Wisuda, 11 % Lulusan SMTI Langsung Diterima Bekerja
Acara wisuda SMTI Banda Aceh (foto: dok Ist)

BANDA ACEH – SMTI Banda Aceh, sekolah kejuruan di bawah Kementerian Perindustrian dan Perdagangan, mencatat prestasi yang hebat. Sebanyak 11 % lulusan sekolah ini langsung diterima bekerja begitu selesai diwisuda, Rabu (9/10/2019).

Kepala SMTI Banda Aceh, Ir Hariyanto M.Pd, menyampaikan rasa bangganya ketika berpidato pada acara wisuda lulusan sekolah itu di kawasan Kampung Mulia Banda Aceh. Di hadapan sejumlah undangan, seperti Wali Kota Banda Aceh dan pejabat lainnya, ia menjelaskan kondisi lulusan SMTI belakangan ini. 

Hariyanto mengatakan, wisuda kali ini merupakan yang ke-50 sejak pertama sekolah itu meluluskan siswanya pada tahun 1968 silam. Hingga sejauh ini, katanya, Sekolah Menengah Kejuruan – SMTI Banda Aceh, telah menghasilkan 2.805 orang alumni. Para lulusan itu telah terserap/ bekerja di berbagai perusahaan industri, baik BUMN maupun BUMS yang tersebar di seluruh Indonesia.

20191009-smti-2

Untuk tahun pelajaran 2018/2019 ini, Hariyanto menambahkan, SMK-SMTI Banda Aceh meluluskan sebanyak 184 orang (lulus 100%). Dari jumlah itu, 60 orang berasal dari kompetensi keahlian Kimia Analis dan 124 orang dari  kompetensi keahlian Kimia Industri. 

Dia menjelaskan, para lulusan SMTI dinyatakan telah lulus uji kompetensi profesi untuk berbagai skema, 60 lulusan (alat distilasi), 20 lulusan (alat refining), 24 orang (alat fraksionasi), 20 (alat esterifikasi), dan 60 orang dengan keahlian pengujian dasar.

Selain itu, ulas kepala SMTI, para wisudawan itu sebelumnya telah melaksanakan prakerin di berbagai perusahaan, baik di dalam maupun luar derah, antara lain, PT Lafarge Cement Indonesia dan PDAM Tirta Montala (Aceh Besar), PT Perkebunan Nusantara I (Langsa), PT Phpo Belawan, PT Orson Indonesia Jakarta, PT  Indorub Bandung, serta PT Krambil Idjo dan PT Madubaru Yogyakarta. 

Dijelaskan lagi, dari 184 lulusan, 21 orang atau 11% sudah diterima bekerja, 31 orang atau 17% sedang dalam tahap proses rekrutmen, 40 orang atau 22% sedang menunggu informasi panggilan kerja,  84 orang atau 46% melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri dan swasta di provinsi aceh dan juga luar provinsi aceh, sedangkan 8 orang atau 4% memilih wirausaha.

Pada acara itu, dia menjelaskan tentang program-program yang telah direalisasikan, antara lain,  penerimaan siswa baru tahun pelajaran 2019/2020 adalah sebanyak 257 siswa dengan total siswa kelas X – XII sebanyak 624 siswa. SMTI, katanya, juga menggalang kerja sama dengan berbagai perusahaan untuk penyaluran lulusan, magang guru, pelaksanaan prakerin siswa dan kunjungan industry serta pelaksanaan pendidikan sistem ganda (dual system). Kami bisa seperti ini karena dukungan penuh dari Kementerian Perindustrian yang terus memperhatikan kesejahteraan guru dan pegawai SMK-SMTI Banda Aceh,” ujarnya. [K73-02]

Komentar

Loading...