Breaking News

PPTK Jembatan Pangwa Tersangka, Jaksa Pelajari Keterlibatan KPA Teuku Ahmad Dadek

PPTK Jembatan Pangwa Tersangka, Jaksa Pelajari Keterlibatan KPA Teuku Ahmad Dadek
Tersangka baru kasus korupsi Jembatan Pangwa (foto: AJNN)

KANAL73.com, SIGLI – Kejari Pidie Jaya bekerja cepat. Hari ini, Kamis (8/4/2021), PPTK Proyek Jembatan Pangwa, Pidie Jaya, berinisial lengkap TRA resmi ditahan.

Dalam kasus yang sama, pihak Kejari Pidie Jaya (Pijay) sebelumnya telah menetapkan tiga tersangka, yaitu MAH (Direktur PT Zarnita Abadi), AZH (CV Trikarya Pratama Consultan), dan MUR (Direktur CV Trikarya Pratama Consultan).

Dengan dinaikkanya status TRA berarti sudah empat orang dijebloskan ke sel tahanan atas tuduhan korupsi proyek jembatan tersebut. Mereka adalah PPTK dan para rekanan.

Pihak penegak hukum terus mempelajari sejauh mana keterlibatan Pengguna Anggaran (PA) dan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) pada Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) dalam pelaksanaan proyek ini.

Menurut informasi yang berhasil dihimpun, proses tender dan pelaksanaan pembangunan Jembatan Pangwa terjadi pada saat Teuku Ahmad Dadek (TAD) masih menjabat sebagai Kepala BPBA.

20210408-dadek

Teuku Ahmad Dadek dengan seragam BPBA (foto: dok Ist)

Ia merupakan Pengguna Anggaran (PA) sekaligus merangkap sebagai Kuasa Pengguna Anggaran (KPA). Sekarang TAD menjabat sebagai kepala Bappeda Aceh.

Kasi Pidana Khusus Kejari Pidie Jaya, Wahyu Ibrahim, mengatakan kepada media, Rabu (7/4/2021), sejauh mana keterlibatan TAD dalam kasus ini masih terus dipelajari. TAD telah diperiksa sebanyak dua kali, yakni pada November 2020 dan Maret 2021.

Berdasarkan hasil audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), dugaan korupsi pada proyek Jembatan Pangwa menimbulkan kerugian negara mencapai Rp 400 juta.[]

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...