Breaking News

PNS Nagan Raya 6 Bulan ke Depan tak Dibayar TPK Gegara Covid-19

PNS Nagan Raya 6 Bulan ke Depan tak Dibayar TPK Gegara Covid-19
PNS Nagan Raya (foto: repro)

SUKA MAKMUE – Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Nagan Raya, Aceh, tidak lagi menerima pembayaran tunjangan prestasi kerja (TPK) selama enam bulan ke depan. Alokasi dana untuk ini telah dipangkas dan dialihkan untuk penanganan Covid-19.

Menurut data yang dihimpun Redaksi KANAL73, kabupaten pecahan Aceh Barat itu memiliki sekitar 3.000 PNS. Mulai Juli hingga Desember 2020 mendatang, mereka tidak akan mendapatkan pembayaran TPK atau tunjangan khusus (TC).

Informasi ini dibenarkan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Nagan Raya, Teuku Raja Johari, sebagaimana dilansir dari Suara.com, Selasa (2/6/2020). “Pemangkasan dana tunjangan khusus dilakukan setelah anggaran untuk tunjangan kerja tersebut harus dipangkas akibat pengalihan anggaran, untuk penanggulangan Covid-19,” katanya.

Dia menuturkan, kebijakan relokasi belanja pegawai itu dilakukan setelah mendapatkan instruksi dari pemerintah pusat melalui surat keputusan bersama (SKB) tiga menteri, yang memerintahkan pengalihan atau pemangkasan anggaran sebesar 50 persen, untuk penanggulangan pandemi.

Pemangkasan tersebut, kata Sekda, berlaku untuk semua pos kegiatan. “Tidak hanya TC, semua pos kegiatan memang harus dipangkas,” kata Johari.

Ia menjelaskan, rencana reloksi anggaran yang bersumber dari berbagai pos tersebut tidak langsung dieksekusi melainkan tetap melalui persetujuan Pemerintah Pusat. Karena itu, katanya, usulan anggaran yang dipangkas tersebut sudah dikirimkan ke Jakarta, untuk mendapatkan persetujuan.

Sekda Nagan Raya mengharapkan agar PNS kabupaten itu tidak resah akibat informasi relokasi anggaran tersebut karena kebijakan ini sudah merupakan sebuah kewajiban daerah. Ia berjanji akan mengusulkan kembali pos ini pada Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) Perubahan Tahun 2020 mendatang. “Kalau tidak ada sekarang, dimasukkan di APBK-perubahan,” kata Johari.[]

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...