Breaking News

PNS Jangan Bandel, kalau Mudik Bisa Dipecat !

PNS Jangan Bandel, kalau Mudik Bisa Dipecat !
Ilustrasi kemacetan saat mudik Lebaran (foto: repro)

JAKARTA – Mudik menjadi momen dinanti-nantikan oleh perantau, termasuk pegawai negeri sipil (PNS). Momen itu dijadikan sebagai ajang silaturahim setahun sekali. Tapi, untuk tahun ini beda. PNS yang nekad mudik bisa kena sanksi pemecatan.

Tidak hanya mudik, mulai sekarang pun PNS dilarang melakukan perjalanan dinas ke luar daerah. Kebijakan itu diambil untuk mencegah penyebaran virus Corona (Copid-19).

Penegasan terkait pelarangan mudik tahun ini bagi PNS disampaikan Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Dwi Wahyu Atmaji di Jakarta, Senin (30/3/2020). Dasar hukum yang digunakan adalah PP 53 tahun 2010.

Ia mengatakan, bagi mereka nekat melakukan mudik ada sanksi menanti. Bisa berupa hukuman disiplin pegawai yang tercantum dalam PP 53 tahun 2010. "Ada sanksinya. Berdasar PP 53 tentang Disiplin Pegawai," ujar Dwi sebagaiana dilansir dari detikcom.

Berdasarkan PP 53 tahun 2010 hukuman disiplin bagi PNS dibagi menjadi tiga, yaitu hukuman ringan, sedang, dan berat. Yang ringan, PNS hanya mendapatkan teguran lisan dan tulisan, ataupun pernyataan tidak puas dari atasan.

Hukuman sedang berupa penundaan pangkat atau penundaan kenaikan gaji selama setahun. Ada juga penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama setahun.

PNS yang melakukan pelanggaran berat bisa diganjar hukuman penurunan pangkat setingkat lebih rendah selama 3 tahun, dimutasi saat pangkat diturunkan, ataupun pembebasan dari jabatan. Bisa juga diberhentikan baik secara hormat dan tidak hormat.

Terkait pengawasan terhadap kemungkinan pelanngaran ini, pihak Kemenpan-RB menyerahkan kepada masing-masing instansi dan lembaga. “Itu menjadi kewenangan masing-masing," kata Dwi.[]

Komentar

Loading...