Breaking News

PNS Bisa Kerja dari Rumah? Apkasi Ingatkan Pemerintah Hati-hati

PNS Bisa Kerja dari Rumah? Apkasi Ingatkan Pemerintah Hati-hati
Abdullah Azwar Anas (dok: APKASI)

JAKARTA – Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Abdullah Azwar Anas meminta Pemerintah agar berhati-hati merealisasikan rencana fleksibilitas kerja Aparatur Sipil Negara ( ASN) tanpa perlu bekerja di kantor. Rencana ini berpotensi menganggu kebaikan sistem yang telah dibangun.

Hal itu dikatakan Anas di sela-sela menghadiri acara Penyampaian Hasil Evaluasi dan Penghargaan Pelayanan Publik Wilayah II Tahun 2019, di Pecenongan, Jakarta Pusat, Jumat (22/11).

"Wacana itu saya kira bagus. Tetapi memang ini harus dirumuskan dengan hati-hati, karena kalau tidak, nanti akan mengganggu infrastruktur yang sudah dibangun. Baik budaya kerja maupun infrastruktur yang ada di kantor-kantor," ujar Anas. 

Menurut Anas, rencana ini merupakan bentuk respons pemerintah terhadap tren global fleksibilitas kerja. Salah satu bentuk tren tersebut, generasi milenial tak selalu harus bekerja di kantor. 

"Tapi juga bisa liburan sambil bekerja, bahkan produktifitasnya terukur. Sehingga, saya pikir itu wacana kan (melihat) tren globalnya begitu sekarang. Bukan lagi jam kerja di kantor, melainkan juga output-nya yang penting terjaga," kata Anas. 

Pria yang juga menjabat sebagai Bupati Banyuwangi ini lantas mencontohkan sistem kerja fleksibel di daerahnya. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, kata Anas, saat ini telah menerapkan sistem tunjangan kinerja (tukin). *

kontan

Komentar

Loading...