Breaking News

Penuhi Standar Kualifikasi, SMSI Bakal Perbanyak Uji Kompetensi Wartawan

Penuhi Standar Kualifikasi, SMSI Bakal Perbanyak Uji Kompetensi Wartawan

JAKARTA – Guna memenuhi standar kompetensi, Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) memprogramkan lebih banyak penyelenggaraan Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Dengan demikian, para wartawan yang bekerja di media yang menjadi anggota organisasi ini memiliki kualifikasi yang memenuhi standar.

Ketua Umum SMSI Pusat, Firdaus, mengatakan, organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan SMSI bagaikan dua sisi mata uang. Karena itu, kedua organisasi ini saling melengkapi dalam program peningkatan kualitas dan profesionalisme wartawan.

Dikatakan, beberapa pengurus PWI merupakan inisiator dan pejuang terbentuknya SMSI. Atas kepedulian tersebut, SMSI terus berkembang dan menjadi organisasi media siber yang memiliki anggota yang semakin banyak.

Sebagai tanggung jawab terhadap upaya peningkatan kompetensi wartawan, SMSI berinisiatif untuk mengambil peran sebagai lembaga penyelenggara UKW. Untuk itu, SMSI berencana melaksanakan UKW secara berkala dengan menghadirkan para penguji yang berpengalaman dari PWI.

Menurut Firdaus, wacana penyelenggaraan UKW oleh SMSI ini bersumber dari aspirasi pengurus organisasi ini di daerah. Para pemilik perusahaan di berbagai daerah yang bergabung di SMSI, katanya, berkeiginan agar SMSI ikut serta didaftarkan menjadi lembaga UKW.

Atas desakan pengurus di daerah, sambung Firdaus, pengurus SMSI Pusat mengajukan permohonan ke Dewan Pers. “Dan jawabannya sudah kita duga. Tapi tak apa-apa, setidaknya kita sudah berupaya untuk memastikan boleh tidaknya organisasi perusahaan media menjadi lembaga penguji kompetensi wartawan,” katanya.

Dijelaskan, aspirasi itu telah diteruskan ke Dewan Pers. “Setelah SMSI jadi konstituen Dewan Pers, ada keinginan kawan-kawan dari berbagai daerah agar SMSI mendaftar dan mengajukan untuk menjadi lembaga penguji kompetensi wartawan. Hanya saja, sudah ada ketentuan bahwa organisasi perusahaan media tidak dibolehkan menjadi lembaga penguji,” kata Firdaus, Rabu (18/11/2020).

Dia menambahkan, SMSI cabang hingga tingkat kabupaten/kota akan banyak menyelenggarakan UKW tahun depan. Terkait hal ini, Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan SMSI Pusat M. Nasir menjelaskan, pihaknya memberi kesempatan kepada pengurus di daerah untuk mengambil kesempatan. "Bagi pengurus yang berkeinginan mengadakan UKW, silahkan membentuk panitia pelaksana, kemudian meneruskannya kepada SMSI Pusat,” katanya.[]

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...