Breaking News

Penetapan Ketua KPK, Mahasiswa Tolak Firli

Penetapan Ketua KPK, Mahasiswa Tolak Firli
Aksi massa menolak Firli sebagai ketua KPK (foto: repro)

JAKARTA – Protes terhadap penetapan Irjen Firli Bahuri sebagai ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus bergulir. Sejumlah mahasiswa melancarkan aksi demo di depan Gedung KPK Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (18/9/2019). 

Massa dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) DKI Jakarta terlibat adu dorong dengan polisi. Keributan dipicu tindakan aparat yang mencegah massa memasuki halaman Gedung KPK. Polisi tidak mengizinkan mahasiswa mendekati halaman KPK. Pertimbangannya, karena di sana juga terdapat ratusan orang dari berbagai elemen masyarakat, yang mendukung pimpinan KPK terpilih, juga sedang melakukan unjuk rasa.

Tidak puas dengan alasan polisi, massa HMI yang berjumlah sekitar 25 orang tetap memaksa mendekat. Aksi saling dorong pun tidak bisa dihindarkan.  Begitupun saat massa HMI mencoba masuk ke Gedung KPK. Polisi memukul mundur peserta unjuk rasa.

Dalam keributan itu polisi sempat membawa beberapa pengunjuk rasa untuk diamankan. Tahu rekannya dibawa, massa HMI menuntut polisi melepaskan. Perlahan kondisi mulai kondusif.  Massa kembali ke barisan dan berorasi menyampaikan tuntutan. 

Massa menuntut agar Firli tidak duduk di kursi Ketua KPK. Mereka mendesak Presiden Jokowi membatalkan penetapan Firli sebagai Ketua KPK. Selain menolak Firli, masaa HMI juga menolak revisi Undang-undang KPK.[*]

Komentar

Loading...