Breaking News

Pemkab Terima Duta Kamtibmas dan Sadar Hukum, Bupati Akmal: Mutu Pendidikan Abdya Mulai Bergerak Maju

Pemkab Terima Duta Kamtibmas dan Sadar Hukum, Bupati Akmal: Mutu Pendidikan Abdya Mulai Bergerak Maju
Bupati Akmal Ibrahim saat menyerahkan penghargaan kepada duta sadar hukum (foto: dok Ist)

BLANGPIDIE – Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Akmal Ibrahim menerima Duta Pelajar Kamtibmas dan Duta Pelajar Sadar Hukum Aceh di rumah dinasnya, Jumat (18/12/2020). Siswa-siswi dari kabupaten itu, tahun ini, berhasil meraih predikat juara 1 untuk kedua perlombaan tersebut.

Pemilihan duta Kamtibmas merupakan salah satu wujud program Saweu Sikula yang merupakan kerja sama antara Dinas Pendidikan Aceh dengan Polda setempat. Dengan Kejaksaan Tinggi Aceh, Dinas Pendidikan menggalang kerja sama program Jaksa Masuk Sekolah yang mengandalkan acara utama Pemilihan Duta Sadar Hukum.

Abdya berhasil meraih juara 1 putra untuk Duta Sadar Hukum, atas nama Andryan Putra Riski. Sedangkan peserta putri Jumalisa Putri keluar sebagai juara 2 pada seleksi yang sama. Para juara ini merupakan siswa SMAN Unggul Tunas Bangsa Abdya.

Untuk Duta Kamtibmas, peserta putri Abdya dari sekolah yang sama atas nama Srikandi meraih juara 1. Rekannya, Mushlih, juga dari SMAN Tunas Bangsa berhasil membawa pulang juara 2. Prestasi membanggakan ini, baru berhasil diraih Abdya, setelah program kerja sama ini berjalan sejak 2017 silam.

Bupati Akmal Ibrahim menyatakan rasa bangga atas prestasi yang diraih putra-putri daerahnya. Dia juga mengapresiasi jajaran Polres dan Kejaksaan setempat yang telah secara optimal menggembleng dan mengantarkan para siswa menjadi juara.

Apa yang telah dicapai oleh para siswa SMAN Tunas Bangsa Abdya, kata Akmal, menunjukkan bahwa prestasi pendidikan daerahnya sedang bergerak ke arah yang lebih baik. Dia meminta seluruh stakeholder pendidikan untuk mempertahankan situasi yang sudah baik ini.

20201218-img-20201218-wa0063

Kepala Cabang Dinas Pendidikan wilayah Abdya Drs Syarbaini M.Si menjelaskan, para peserta seleksi tahun ini harus mengikuti tahapan lomba dua tahap, yaitu secara daring dan tatap muka. Seleksi secara virtual menghasilkan 10 besar yang kemudian diperlombakan secara tatap muka di Banda Aceh.

Dia mengatakan, dukungan perangkat IT yang dimiliki lembaga mitra yaitu Polres dan Kejaksaaan sangat menentukan kelancaran lomba virtual. “Ini sangat membantu dan telah memungkinkan siswa kita bisa tampil maksimal,” ujarnya.

Karena itu, ia menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada kedua lembaga mitra tersebut. Acara penyambutan duta ikut disaksikan Kapolres, Dandim, ketua DPRK, unsur Forkompimkab, Kadis pendidikan Abdya, kepala sekolah, dan sejumlah undangan lainnya.

Selain penghargaan, Bupati juga memberikan hadiah kepada para juara.[]

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...