Dugaan Investasi Bodong

Pemilik Yalsa Boutique Ditangkap

Pemilik Yalsa Boutique Ditangkap
Pemilik Yalsa Boutique (foto: repro)

BANDA ACEH – Pemilik Yalsa Boutique Banda Aceh, S (30) dan SHA (31), ditangkap Polda Aceh, Jumat (19/3/2021). Pasangan suami-isteri ini diduga melakukan penipuan bermodus investasi dengan jumlah dana mencapai Rp 164 miliar.

Dirreskrimsus Polda Aceh Kombes Pol Margiyanta, mengatakan, Yalsa Boutique melakukan aktivitas bisnis dengan cara menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan atau investasi. Dari 202 Reseller, mereka sudah mengantongi Rp 164 miliar.

Aktivitas Yalsa Boutique sejak Desember 2019 sampai bulan dengan Februari 2021 tersebut, kata Margiyanta, tidak memiliki izin usaha dari Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Menurut polisi, penahanan keduanya dilakukan setelah penyidik melakukan pemeriksaan. "Sudah ada lebih dua alat bukti dan saksi terhadap dugaan tindak pidana perbankan yang dilakukan oleh kedua tersangka,” kata Margiyanta.

Dia menambahkan, bahwa dengan keterangan saksi ahli dari OJK dan perbankan, pihak kepolisian sudah mengantongi lebih dari dua alat bukti.

Margiyanta mengatakan, petugas turut mengamankan uang tunai sejumlah Rp 46.060.000, laptop, sejumlah emas dengan berbagai bentuk, surat pembelian emas sebanyak 87 lembar, pedang samurai, pisau lipat, kartu ATM, buku rekening, printer, jam tangan dan barang bukti lainnya.

Tersangka dikenakan Pasal 46 ayat (1) Undang-Undang RI Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan dan atau pasal 2 ayat (1) huruf g, pasal 3 dan pasal 5 ayat (1) Undang-Undang RI Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.[]

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...