Breaking News

New Normal untuk PNS, Begini Skemanya

New Normal untuk PNS, Begini Skemanya
Ilustrasi

JAKARTA – Pandemi Covid-19 diperkirakan masih terus berlanjut dan tidak bisa dipastikan kapan berakhir karena vaksinnya belum ditemukan. Pemerintah mulai berpikir untuk menerapkan situasi normal baru (new normal) di masyarakat, termasuk untuk sistem kerja PNS.

Untuk itu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) sedang menyiapkan skenario new normal untuk pada Aparatur Sipil Negara (ASN/PNS).

Menurut Sekretaris Kementerian PAN-RB Dwi Wahyu Atmaji, skenario ini disiapkan sebagai pedoman bagi para PNS untuk dapat bekerja seoptimal mungkin di saat vaksin Covid-19 belum ditemukan.

"Ya kita harus realistis saja bahwa corona ini belum ada obat/vaccine, jadi harus tetap waspada," ujar Wahyu kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (23/5/2020).

Dijelaskan, new normal adalah bagiamana menjalankan aktivitas keseharian di tengah kondisi wabah yang masih terjadi, sementara vaksinnya belum ditemukan. Tidak bermakna, bahwa new normal kembali seperti kondisi normal sebelumnya.

Terkait new normal untuk PNS, menurut Wahyu setidaknya ada tiga komponen yang harus menjadi perhatian. "Kira-kira ada tiga komponen dalam skenario new normal untuk PNS," katanya.

Pertama, mengenai sistem kerja para pegawai pelat merah. Nanti, katanya, akan diterapkan sistem flexible working arrangement. Ini artinya, ASN bisa bekerja dari kantor, rumah, atau tempat lain.

Sistem kerja ini akan mengatur siapa saja dan jenis pekerjaan apa yang bisa dilaksanakan dengan sistem kerja tersebut. Selain itu, akan diatur juga durasi waktu, berapa hari dalam sepekan skema tersebut berlaku.

Terkait siapa dan berapa batasan usia pegawai yang diperbolehkan untuk beraktivitas kembali, Wahyu mengatakan, skema itu masih dalam pembahasan lebih lanjut. "Masih ditelaah," pungkasnya.[]

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...