Breaking News

Mendata Korban Rusuh

Kadinsos Aceh Bertolak ke Papua

Kadinsos Aceh Bertolak ke Papua
Kadinsos Aceh Drs Ahudri MM bersama Tim dan Kepala Kantor Perwakilan Aceh Almuniza Kamal saat berada di Bandara Soekarno Hatta, Kamis (3/10/2019) malam. (Foto: Saifullah S)

JAKARTA – Pemerintah Aceh memerintahkan Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Aceh, Drs Alhudri MM beserta tim bertolak ke Papua guna melakukan pendataan terhadap warga Aceh yang terdampak kerusuhan di sana. Rombongan Dinsos Aceh telah terbang ke Jaya Pura, Kamis (3/10/2019).

Ketika transit di Bandara Soekarno Hatta, Kamis malam, Alhudri sempat bertemua kepala Kantor Perwakilan Aceh di Jakarta Almuniza Kamal. Dia sempat menyampaikan tujuan berangkat ke Papua kepada Almuniza. "Kita akan melakukan pendataan terhadap masyarakat Aceh di Papua,” papar Alhudri.

Dia juga menerangkan, menurut kabar yang diterima pihak Dinsos, banyak warga Aceh yang ingin pulang ke kampung halaman akibat trauma menghadapi situasi di daerah konflik tersebut. Pernah pula, katanya, beredar kabar di medsos sejumlah warga harus mengungsi akibat kerusahan Wamena.

Alhudri menjelaskan, warga Aceh yang terdampak kerusuhan, antara lain, Dewi asal Lhoksumawe. Wanita ini sekaranf berada di Probolinggo. Kemudian, Cut Eva asal Lhokpawoh, Tapaktuan. Wanita ini sekarang sudah berada di Jakarta Timur. Selain itu, Riska asal Aceh Tenggara beserta 3 anak, kini berada di Bakorwil Malang, Jawa Timur.

Selain itu, ada juga warga Aceh yang kabarnya baru dievakuasi ke Jayapura menggunakan pesawat Hercules milik TNI AD, yakni, Jecky A, Rosmawati dan Cut Wahyuni. Ketiga warga Aceh berasal dari Langsa.

Dia mengatakan, Dinsos Aceh dan Dinsos Jawa Timur sudah berkoordinasi untuk pemulangan empat warga Aceh yang mengungsi di Surabaya, atas nama Try Sessy, Priska Susilawati Sitohang, Natanael Gultom dan Nasya Gultom yang berasal dari Kabupaten Aceh Tenggara, dengan menggunakan pesawat Lion Air, Jumat (4/10/2019) berangkat dari Surabaya pukul 06.45 diperkirakan tiba di Banda Aceh pukul 17.20 WIB.

Alhudri menjelaskan pula, sesampai di Papua nanti, dia bersama tim akan berkoordinasi dengan instansi terkait guna melakukan asassesmen sejumlah lokasi pengungsian untuk mendapat keterangan tentang warga Aceh. 

Tim dari Dinsos Aceh yang bertolak ke Papua terdiri atas kepala dinas, Kabid Linjamsos Dinsos Aceh Sya'baniar SE, Tim Pansus Aceh Fauzan Azima, Kasi PSKBA Dinsos Aceh, Yayan Rahmat AKS, M.Si, dan Staf Dinsos Aceh Zulkarnaini.[saifullah]

Komentar

Loading...