Terungkap di Persidangan

Mantan Menteri Kelautan Edhy Prabowo Angkat Artis untuk Sespri

Mantan Menteri Kelautan Edhy Prabowo Angkat Artis untuk Sespri
Edhy Prabowo (foto: kompas)

JAKARTA – Ada-ada saja perilaku kurang masuk akal diperlihatkan tersangka koruptor. Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Edhy Prabowo, mengangkat artis dan wanita cantik sebagai sekretaris pribadi (sespri).

Mantan menteri ini sedang menjalani persidangan dalam kasus dugaan suap ekspor benih lobster atau benur dengan terdakwa Direktur PT Dua Putera Perkasa Pratama (PT DPPP), Suharjito.

Dalam kasus ini, Edhy Prabowo menerima suap dari Suharjito sebesar Rp 2,1 miliar. Uang suap, kata jaksa, diberikan kepada Edhy melalui staf khusus Menteri KKP Safri dan Andrau Misanta Pribadi.

Selanjutnya, Sekretaris Pribadi Edhy bernama Amiril Mukminin; Ainul Faqih selaku staf pribadi istri Edhy Prabowo, Iis Rosita Dewi; dan Komisaris PT Perishable Logistics Indonesia (PT PLI) sekaligus Pendiri PT Aero Citra Kargo (PT ACK), Siswadhi Pranoto Loe.

Menurut keterangan, suap diberikan agar Edhy mempercepat perizinan budi daya benih lobster ke PT DPP.

Lalu, kenapa Edhy memakai terlalu banyak sespri wanita cantik dan artis? Menurut Edhy Prabowo, tindakan itu dia lakukan karena dia punya pekerjaan lain di luar tugasnya sebagai menteri. Karena itu dia membutuhkan pembantu tambahan.

Di depan persidangan, dia menjelaskan, bahwa sebagai menteri saya harus fokus dengan pekerjaan utama saya untuk mengelola sektor kelautan dan perikanan. “sebagai menteri saya juga sebagai pengurus banyak organisasi, dan pengurus partai, ormas dari pencak silat, hingga organisasi kelautan dan perikanan," kata Edhy pada sidang virtual di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu (17/3/2021).

Untuk keperluan itulah, sambungnya, dia kemudiana menunjuk empat orang sespri, yakni Anggia (seorang model), Fidya, Putri Elok, dan Nur. Menurut Edhy, pengangkatan keempat sespri itu sudah melewati konsultasi dengan jajaran Sekretariat Jenderal KKP.[]

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...