Breaking News

Magang Kepala SMA di Malaysia Angkatan Pertama Berakhir

Magang Kepala SMA di Malaysia Angkatan Pertama Berakhir
Tenaga ahli Dinas Pendidikan Aceh Bakhtiar Ishak mewakili Kepala Dinas Pendidikan Aceh menyerahkan cinderamata kepada Prof. Dr. Rohaida dari Fakulti Pendidikan Universiti Malaya. (foto: K73/Nazri Jalaluddin)

KUALA LUMPUR – Sebanyak 56 kepala SMA dari seluruh Aceh selesai mengikuti pelatihan di Kuala Lumpur, Malaysia. Mereka sudah berada di sana sejak 26 November lalu dan akan bertolak ke Tanah Air, Minggu (8/12/2019) besok pagi.

Kontributor KANAL73 di Kuala Lumpur, Nazri H Jalaluddin, melaporkan, pelatihan kepala SMA angkatan pertama ditutup secara resmi oleh Ketua Institut Kepimpinan Pendidikan Fakulti Pendidikan Universiti Malaya, Profesor Madya Dr. Zuraida Abdullah. 

Nazri juga menerangkan, bahwa para kepala SMA dari Aceh itu dikirim oleh Dinas Pendidikan Aceh melalui Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK). Program ini, katanya, selaras dengan kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim yang menginginkan perubahan paradigm dalam pembangunan pendidikan, khususnya peran kepala sekolah yang harus melayani, bukan menerima arahan.

20191207-magan1

Para kepala sekolah mengikuti kursus (pelatihan) manajemen terpadu yang dinamis dan kreatif. Pola kepemimpinan yang diperkenalkan tersebut diharapkan mampu membekali para pengetua (kepala sekolah) untuk mewujudkan manajemen entrepreneur dalam memimpin sekolah.

Para kepala sekolah yang diwawancarai, katanya, menyatakan sangat puas dan menilai pelatihan tersebut sangat bermanfaat. Mereka mengaku waktu yang disediakan untuk program ini sangat singkat, padahal banyak hal yang perlu diperdalam.

Pelatihan kepala sekolah ini merupakan program kerja sama antara Dinas Pendidikan Aceh dengan Universiti Malaya. Kerja sama ini diharapkan dapat ditingkatkan pada masa mendatang, sehingga dapat menjangkau lebih banyak peserta. Dengan demikian, akan mendukung upaya peningkatan mutu pendidikan di Aceh.

Setelah pelatihan gelombang I berakhir, Dinas Pendidikan Aceh akan mengirimkan peserta pelatihan gelombang kedua. Kata Nazri, kali ini, pesertanya merupakan kepala SMK berjumlah 54 orang, juga berasal dari seluruh Aceh.[K73-02]

Komentar

Loading...