Breaking News

KPK Bawa 5 Koper Usai Geledah Ruangan Kerja Azis Syamsuddin di DPR

KPK Bawa 5 Koper Usai Geledah Ruangan Kerja Azis Syamsuddin di DPR

KANAL73.com, JAKARTA – Penyidik KPK meggeledah ruang kerja Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (28/4/2021) sore. Dari sana, penyidik membawa lima koper berisi dokumen yang diduga terkait tindak pidana korupsi.

Tim penyidik KPK mulai melakukan penggeladahan sekitar pukul 18.00 WIB. Selain ruangan di DPR, juga dilakukan penggeledahan di rumah dinas Azis di Jalan Denpasar Raya Kavling C3/3, Kuningan, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan. KPK juga memeriksa rumah pribadi Azis Syamsuddin.

Tim berada di DPR hingga pukul 22.15 WIB. Penyidik tidak menyebut apa yang ada di dalam koper-koper tersebut. Koper itu langsung dibawa ke mobil.

Baca juga: Azis Syamsuddin yang Perkenalkan Penyidik KPK ke Wali Kota Tanjungbalai

Pemeriksaan terhadap kediaman dan ruang kerja Azis Syamsuddin dilakukan karena wakil ketua DPR RI itu diduga terlibat dalam kasus korupsi Wali Kota Tanjung Balai M Syahrial. Azis disebut-sebut punya andil memperkenalkan penyidik KPK AKP Stepanus Robin Pattuju dengan M Syahrial.

Tindakan Azis tersebut dicurigai memiliki motif yang berkaitan dengan praktik suap yang melibatkan Robin dan M Syahrial. Akibatnya, Azis ikut terseret dalam pusaran kasus korupsi tersebut.

Robin yang merupakan penyidik KPK dari unsur kepolisian diduga menerima Rp 1,3 miliar dari Rp 1,5 miliar yang dijanjikan M Syahrial selaku Wali Kota Tanjungbalai. Pemberian uang itu dimaksudkan agar AKP Robin mengurus perkara dugaan korupsi yang diduga menjerat Syahrial agar tidak berlanjut ke proses penyidikan.

Sebelum KPK turun menggeledah kediaman dan ruang kerjanya, wartawan telah mencoba meminta klarifikasi dari Azis Syamsuddin. Tapi, waktu wakil ketua DPR ini memberi respon yang tidak jelas. "Bismillah alfatehah," respon Azis lewat pesan singkat, Jumat 23 April.[]

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...