Breaking News

Ketentuan Tes Antigen Pemudik Antarkabupaten Dicabut

Ketentuan Tes Antigen Pemudik Antarkabupaten Dicabut
Ilustrasi (foto: repro)

KANAL73.com, BANDA ACEH – Dirlantas Polda Aceh akhirnya mencabut maklumat yang mengharuskan tes antigen bagi pemudik lokal di daerah ini. Seruan yang dikeluarkan, Minggu pagi, itu menimbulkan keresahan di masyarakat dan mendapat kritik keras kalangan LSM.

Sebelumnya Dirlantas Polda Aceh, Kombes Pol Dicky Sondani, mengatakan, para pemudik antarkabupaten/kota di Aceh harus menunjukkan surat bebas Covid-19 jika mudik. "Mulai tanggal 3 sampai 17 Mei 2021, angkutan umum atau kendaraan pribadi yang melakukan perjalanan antarkabupaten di Aceh wajib membawa surat tes antigen," katanya.

Menurut Dicky, aturan itu diberlakukan dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19 di Aceh. Karena itu, dia mengharapkan masyarakat dan pihak angkutan umum mematuhi ketentuan tersebut.

Untuk melakukan penertiban dalam rangka penegakan aturan tersebut, petugas yang terdiri atas anggota TNI, Polri, Dinas Kesehatan dan Dinas Perhubungan akan melakukan pemeriksaan di terminal setiap kabupaten/kota. "Apabila tidak membawa surat tes antigen, maka kendaraan harus putar balik," tegas Dicky.

Seruan itu menimbulkan keresahan di masyarakat. Koordinator Masyarakat Pengawal Otsus (MPO) Aceh, Syakya Meirizal, meminta Polda Aceh meninjau ulang kebijakan tersebut. Ia menyatakan mengapresiasi setiap kebijakan yang ditempuh Polda Aceh dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di Aceh.

Pun begitu, Syakya mengatakan, kebijakan dadakan tanpa sosialisasi dikhawatirkan bisa menimbulkan resistensi dari masyarakat. “Apalagi ada pernyataan dari Kepala Dinas Kesehatan Aceh bahwa belum ada keputusan dari Pemerintah Aceh terkait kebijakan tersebut. Ini menunjukkan bahwa kebijakan ini diambil tanpa melalui sebuah kajian dan koordinasi antarinstansi,” ujar Syakya dalam pernyataan tertulis.

Tak terbitkan aturan

Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada menegaskan, bahwa dia tidak pernah menerbitkan mewajibkan swab antigen terhadap pemudik antarkabupaten/kota di Aceh. Kepada popularitas.com, jenderal bintang dua ini mengatakan, Polda sama sekali tidak pernah menerbitkan aturan itu.

Dijelaskan, sampai saat ini pihaknya hanya melakukan upaya pencegahan Covid-19 sesuai aturan mudik sebagaimana petunjuk dan arahan dan instruksi Pemerintah Pusat. “Jadi saya tegaskan, saya tidak pernah mengeluarkan maklumat apapun,” ujarnya.

Klarifikasi

Setelah menimbulkan polemik, Dirlantas Polda Aceh menyampaikan klarifikasi terkait seruan tes antigen untuk pemudik local di daeran ini sebagiaman pernah disampaikannya Minggu pagi. “Tidak perlu bawa surat, namun tetap akan dicek kesehatan saat tiba di tempat tujuan. Demikian dengan tes antigen gratis yang kita berikan, namun diberikan secara acak,” kata Dirlantas Polda Aceh, Kombes Pol Dicky Sondani, Minggu (2/5/2021) malam.

Ia tetap menghimbau masyarakat yang bepergian dengan kendaraan agar tetap memakai masker. Untuk penumpang angkutan umum diingatkan agar menjaga jarak. “Apabila kurang sehat, segera lapor ke Satgas Covid-19 yang ada di daerah, sehingga bisa dicek apakah terpapar Covid-19 atau tidak,” katanya.

Terkait tes antigen, kata Dicky, pihaknya akan akan melakukan tes antigen secara gratis. “Menindak lanjuti apa yang disampaikan Dirlantas Polda Aceh tadi pagi, bahwa masyarakat bila bepergian keluar kota menggunakan angkutan umum akan dicek tes antigen secara gratis. Pengecekan dilakukan secara random,” kata Dicky.

Ia meminta masyarakat untuk tidak khawatir. Pemeriksaan swab antigen karena akan diberikan secara gratis. “Besok malam Dirlantas Polda dan Dishub Provinsi Aceh akan meninjau langsung cek antigen di Terminal Luengbata,” ujarnya.[]

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...