Breaking News

Kasus Sapi Kurus Saree Mulai Ditangani Polda Aceh

Kasus Sapi Kurus Saree Mulai Ditangani Polda Aceh
Peternakan sapi Saree

BANDA ACEH – Polisi mengendus aroma tak beres dalam pengelolaan peternakan sapi di UPTD Insemilasi Buatan Inkubator (IBI) Dinas Peternakan Aceh di Saree, Aceh Besar. Program “edukasi peternakan” tersebut diduga berpotensi korupsi.

Dikabarkan, Direktorat Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Aceh mulai melakukan penyelidikan (lidik) terhadap dugaan korupsi perternakan sapi dengan nilai proyek mencapai Rp 158 miliar tersebut. Ini dibenarkan Dirreskrimsus Polda Aceh, Kombes Pol Margiyanta.

Kepada wartawan Serambinews.com, Margiyanta mengatakan sedang mengumpulkan bahan keterangan terkait permasalahan sapi Saree. Untuk itu, pihaknya telah memeriksa sejumlah saksi di UPTD IBI Saree.

Polisi, katanya, akan melihat persoalan peternakan sapi Saree secara komprehensif. Bukan hanya soal pakan, tapi juga akan melakukan penyelidikan terhadap proses tender pengadaan ternak.

Menurut penjelaskan Kepala UPTD IBI Saree, Zulfadli, di bawah pengawasan pihaknya terdapat 480 ekor sapi jantan dan sapi betina. Dari jumlah tersebut ada sapi yang sakit dan lurus.

Kenapa sapi sampai kurus, menurut Zulfadli, karena ternak tersebut kekurangan pakan konsentrat (pakan tambahan), hijauan. Khusus konsentrat, katanya, sudah sejak dua bulan lalu habis.

Dijelaskan, kegiatan penggemukan sapi itu merupakan pilot projek yang bertujuan memberi edukasi tentang bagaimana peternakan yang benar kepada masyarakat. Akan tetapi, karena populasi ternak yang terus meningkat menyebabkan terjadinya overkapasitas. Kondisi ini telah menyebabkan sapi kurus dan terkesan kurang perawatan.

Ia mengaku, untuk mengatasi permsalahan tersebut akan memaksimalkan pemberian pakan hijau makanan tanah (HMT) tiga kali lipat dari sebelumnya.

Menurut penulusuran Redaksi Kanal73, proyek penggemukan sapi itu telah dimulai sejak tahun 2016. Uniknya, ketika pengadaan sapi dimulai Desember 2016, waktu itu belum tersedia kandang di UPTD IBI.

Pada tahun 2017, Dinas Peternakan melakukan pengadaan pakan ternak di UPTD IBI Saree. Meski didukung anggaran cukup besar, program tersebut tidak berjalan sesuai dengan harapan.[]

Komentar

Loading...