Breaking News

Iwan Bule Terpilih Jadi Ketua Umum PSSI

Iwan Bule Terpilih Jadi Ketua Umum PSSI
Mochamad Iriawan alias Iwan Bule (foto: repro)

JAKARTA – Komjen Pol Mochamad Iriawan alias Iwan Bule resmi terpilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2019-2023 sesuai hasil Kongres Luar Biasa (KLB) di di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Sabtu (2/11/2019). Iwan menang mutlak mengalahkan 10 kandidat lain.

Dari 85 pemilih pada kongres kali ini, 82 di antaranya memilih Iwan dan tiga pemilih memutuskan abstain. Iwan akan melanjutkan kepemimpinan PSSI setelah era Edy Rahmayadi yang terpilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2015-2019. Namun, Edy memutuskan mundur dari jabatannya pada 2018 dan digantikan Joko Driyono sebagai Plt Ketum PSSI.

Joko Driyono kemudian tersangkut kasus perusakan barang bukti oleh Satgas Antimafia Bola Polri dan posisinya sebagai Plt Ketum PSSI digantikan Iwan Budianto.

Begitu terpilih, ucapan selamat untuk Iwan Bule mengalir dari sejumlah calon ketua umum PSSI lain. "Saya ucapkan selamat kepada pak Iwan Bule. Saya rasa ke depan PSSI bisa mempersiapkan untuk penyelenggaraan Piala Dunia U-20 dengann pak Iwan memimpin," tutur Rahim Soekasah, salah satu kandidat dalam pemilihan ketum PSSI kali ini.

"Saya tidak mau komentar atau menduga yang buruk-buruk, intinya selamat bekerja. Dan siapapun yang menang, saya akan mendukung demi sepakbola Indonesia," imbuhnya lagi.

Ucapan selamat juga dilontarkan caketum lain, Arif Putra Wicaksono. "Siapapun yang memimpin kita harus suport, ya. Intinya saya sebagai pegiat sepakbola, akan berusaha bersinergi dengan PSSI siapa saja ketuanya," kata Arif.

Kendati sejumlah ucapan selamat mengalir, kemenangan Iwan pada kongres kali ini sempat diwarnai sejumlah insiden. Beberapa hari jelang kongres, La Nyalla Mattalitti mundur sebagai caketum PSSI karena meragukan keabsahan agenda tersebut.

 Langkah serupa ditempuh calon lain, Bernhard Limbong, yang mundur dengan dalih sibuk. Sedangkan enam caketum lain; Fary Djemi Francis, Vijaya Fitriyasa, Sarman El Hakim, Benny Erwin, Yesayas Oktavianus, dan Aven S Hinelo keluar dari ruang kongres setelah interupsi mereka ditolak oleh pimpinan sidang.

"Tadi setelah kami mau interupsi, Sekjen selaku pimpinan kongres bilang caketum yang tidak sepakat dengan agenda kongres silakan keluar. Ya sudah, kami keluar," kata salah satu caketum, Fary Djemi Francis.

Kendati pemenang pemilihan ketua umum PSSI sudah ditentukan, kongres hari ini masih akan berlanjut dengan agenda pemilihan wakil ketua umum dan anggota komite eksekutif.[*]

tirto.id

Komentar

Loading...