Breaking News

Isu Penghapusan Eselon III dan IV Semakin Santer, Bagaimana di Aceh?

Isu Penghapusan Eselon III dan IV Semakin Santer, Bagaimana di Aceh?
Ilustrasi pelantikan pejabat eselon III. (foto: repro)

BANDA ACEH – Program penyederhanaan birokrasi ditempuh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan memangkas sejumlah eselonering, antara lain, eselon III dan IV. Kebijakan ini mulai diterapkan pada awal tahun 2010 di semua kementerian.

Kebijakan perampingan birokrasi ini telah disampaikan Jokowi dalam pidato kenegaraan beberapa waktu lalu. Pemangkasan eselonering itu dimaksudkan untuk mempercepat pemerintah dalam mengambil keputusan. 

Dalam resume pidato Presiden Jokowi disebutkan, eselon III dan IV dimaksud adalah pejabat seperti kepala bidang dan kepala seksi. Untuk masing-masing dinas di daerah, hanya sejumlah eselon III yang mendapat pertimbangan untuk dipertahankan, yaitu Sekretaris dan Kepala Cabang Dinas. Ketentuan tersebut berlaku di seluruh Tanah Air, termasuk Aceh.

Setelah isu merebak, di tengah masyarakat muncul pertanyaan. Bagaimana nasib pejabat yang menjadi korban regulasi teresebut?

Menjawab ini, Juru bicara (Jubir) Presiden, Fadjroel Rachman mengatakan para pejabat eselon III dan IV yang terpangkas akan menjabat sebagai pegawai fungsional. "Dikembalikan dari struktural menjadi fungsional," kata Fadjroel di Media Center Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (29/11/2019).

Dia menerangkan, lima tahun kepemimpinan Presiden Jokowi pada periode pertama sudah memberi pengalaman yang cukup untuk mengambil keputusan. "Lima tahun beliau menjalani itu dan 5 tahun menghadapi secara empiris, dan kemudian dengan bantuan tim menteri dan tim ahli kemudian menyimpulkan bahwa 42.000 aturan di Indonesia terlalu banyak, dan eselon III dan IV. Itu artinya bisa dibuat sebagai fungsional," sambungnya.

Ketentuan mengenai jabatan fungsional dimaksud, kata Fadjroel, nantinya akan dituangkan dalam roadmap atau peta jalan yang sedang disusun oleh Kementerian PAN-RB. Meski demikian, Fadjroel memastikan bahwa gaji atau pendapatan pejabat eselon III dan IV yang dipangkas pun tidak berkurang sedikit pun.

"Pak Jokowi menegaskan tidak ada potongan terhadap uang yang dibawa pulang, dikembalikan dari struktural menjadi fungsional. Jadi jangan takut, pendapatan yang dibawa pulang ke rumah untuk keluarga tetap sama," tegasnya.[]

Komentar

Loading...