Breaking News

Irwandi Gugat Hasil KLB PNA, Penetapan Tiyong tidak Sah!

Irwandi Gugat Hasil KLB PNA, Penetapan Tiyong tidak Sah!
Irwandi Yusuf

BANDA ACEH – Kemelut di tubuh Partai Nanggroe Aceh (PNA) terus berlanjut. Penetapan Samsul Bahri Amiren sebagai ketua umum melalui Kongres Luar Biasa (KLB) dinilai tidak sah. Karena itu, ketua umum yang lama Irwandi Yusuf akan menempuh proses hukum, menggugat hasil KLB.

Meski sedang berada dalam Tahanan KPK, Irwandi tetap melakukan perlawanan terhadap Samsul Bahri Amiren (Tiyong) Cs. Dalam keterangan tertulis melalui kuasa hukumnya, Irwandi menjelaskan kepada media bahwa ia menolak dengan tegas hasil KLB. 

Ia menegaskan, pelaksanaan KLB yang dimotori Tiyong tidak sah. Karena itu, melalui kuasa hukumnya, Irwandi akan melayangkan gugatan ke pengadilan untuk membatalkan hasil KLB. “Saya akan konsultasi (masalah ini) dengan penasihat hukum saya,” kata Irwandi.

Lelaki yang biasa disapa Teungku Agam ini menerangkan, Tiyong tidak berhak melaksanakan KLB karena ia telah diberhentikan dari posisi ketua harian. Karena itulah KLB itu tidak sah. “Tiyong cs yang bukan lagi pengurus DPP, tetapi masih tetap menyelenggarakan KLB, ya KLB itu tidak sah,” ujarnya.

Teungku Agam menilai bahwa Tiyong Cs telah melabrak aturan partai. Oleh karena itu, agar ada kepastian hukum, dia akan menggugat pelaksanaan KLB dan hasilnya. “Gugatan ini akan mengajarkan kepada mereka agar dalam berpartai politik itu ada acuan hukum yang harus dipatuhi,” tukas Irwandi.

Menurut Irwandi, ia masih ketua umum PNA yang saha. Karena itu ia mengimbau seluruh pimpinan DPRA, pimpinan DPRK, parpol, Pemerintah Aceh, pemerintah kabupaten/kota, KIP Aceh dan kabupaten/kota, Kanwil Hukum/HAM, notaris dan pihak lainnya agar tidak melayani pihak-pihak yang mengatasnamakan DPP PNA.[K73-10]

Komentar

Loading...