Breaking News

Enam Tipe Covid-19 Berdasarkan Gejalanya

Enam Tipe Covid-19 Berdasarkan Gejalanya
Ilustrasi (foto: repro)

JAKARTA – Para ilmuwan dari King's College London menemukan 6 tipe virus Corona yang berkaitan dengan tingkat keparahan penyakit. Temuan ini didapatkan setelah para ilmuwan menganalisis ribuan kasus COVID-19 menggunakan perangkat lunak artificial intelligence.

Hasil penelitian menunjukkan, sakit kepala dan hilangnya indra penciuman menjadi gejala Corona yang paling umum ditemukan di semua cluster. Berdasarkan penelitian ini, tipe dengan gejala mirip flu (flu like), baik disertai demam atau tidak, menjadi tipe paling ringan dari COVID-19.

Penelitian itu juga menyimpulkan, gejala pada sistem pencernaan seperti diare ditemukan pada tipe yang lebih parah. "Jika Anda bisa memprediksi siapa orang-orang ini pada hari kelima, Anda punya waktu untuk memberi mereka support dan intervensi awal seperti monitoring kadar oksigen darah dan kadar gula, dan memastikan mereka cukup terhidrasi," kata Claide Steves yang memimpin riset ini, seperti dikutip detikcom dari Reuters.

Meski begitu, penelitian yang telah dirilis ini belum ditinjau melalui telaah sejawat atau peer review. Hasil temuan ini pun diharapkan dapat membantu tim medis dalam menentukan siapa yang paling berisiko mengalami dampak fatal dari COVID-19.

Berikut gambaran 6 tipe virus Corona COVID-19 dari hasil riset tersebut:

1. Tipe 'Flu-like' tanpa demam

Gejala: Sakit kepala, penciuman berkurang, nyeri otot, sakit tenggorokan, batuk, nyeri dada, dan tanpa demam.

2. Tipe 'Flu-like' dengan demam

Gejala: Sakit kepala, batuk, sakit tenggorokan, suara serak, demam, penciuman dan nafsu makan berkurang.

3. Gastrointestinal

Gejala: Sakit kepala, sakit tenggorokan, penciuman berkurang, nyeri dada, diare, nafsu makan berkurang, dan tanpa batuk.

4. Tipe parah tingkat satu, fatigue

Gejala: Sakit kepala, penciuman berkurang, batuk, suara serak, nyeri dada, demam, fatigue atau kelelahan.

5. Tipe parah tingkat dua, kebingungan

Gejala: Sakit kepala, nafsu makan berkurang, penciuman berkurang, batuk, suara serak, sakit tenggorokan, nyeri dada, demam, fatigue, kebingungan, dan nyeri otot.

6. Tipe parah tiga, perut dan pernapasan

Gejala: Sakit kepala, batuk, demam, suara serak, sakit tenggorokan, nyeri dada, sesak napas, penciuman berkurang, nafsu makan berkurang, kebingungan, fatigue, nyeri otot, diare, dan nyeri lambung.

Dari 6 tipe virus Corona COVID-19 tersebut, pasien dengan tipe 4, 5, dan 6 lebih mungkin membutuhkan perawatan di rumah sakit dan mendapat bantuan pernapasan.[]

Sumber: detikcom

Komentar

Loading...