Breaking News

Dua Pejabat Eselon II Pidie Mengundurkan Diri 

Dua Pejabat Eselon II Pidie Mengundurkan Diri 
drg Mohd Riza Faisal MARS (foto: repro)

SIGLI – Kepala daerah boleh saja membuat keputusan yang menurutnya tepat, tapi tidak selamanya keputusan tersebut diterima oleh bawahan. Dua orang kepala dinas di Kabupaten Pidie, Aceh, memilih mundur ketika dimutasi ke jabatan baru.

Mereka yang memilih mundur itu masing-masing drg Mohd Riza Faisal MARS dan dr Fajriman. Riza sebelumnya menjabat sebagai Direktur Rumah Sakit Umum (RSU) Tgk Chik Ditiro Sigli, Pidie. Sedangkan Fajriman adalah kepala Dinas Kesehatan daerah yang sama.

Bersama sejumlah pejabat eselon II lainnya, Mohd Riza Faisal MARS dilantik oleh Bupati Pidie, Roni Ahmad, menjadi kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) di kabupaten setempat, Jum'at (9/8/2019) lalu. Rekan sejawatnya, Fajriman, dimutasi menjadi staf Ahli Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan.

Kepada wartawan, Mohd Riza menyatakan, ia mengundurkan diri karena posisi yang dipercayakan oleh Bupati Pidie tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya. "Saya mengundurkan diri sebagai Kepala DLH Pidie karena tidak sesuai dengan kompetensi disiplin ilmu," katanya sebagaimana dilansir dari Serambinews.com, Kamis (15/8/2019).

Sebagai lulusan S2 Master Adminitrasi Rumah Sakit (MARS), menurut dia, tugas sebagai kepala Dinas Lingkungan Hidup Pidie sangat jauh berseberangan dengan ilmunya. “Kecuali saya ditempatkan di Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana. Sedikit banyak masih ada hubungan dengan pendidikan saya," timpalnya. 

Dia mengatakan, mutasi pejabat merupakan wewenang bupati. Tapi, karena pertimbangan yag dikemukakan tadi, ia meminta agar dikembalikan menjadi pegawai fungsional saja. "Saya minta dikembalikan kepada fungsional saja, jangan di struktural," pinta drg Riza.

Ia juga menyampaikan klarfikasi soal ketidakhadiran pada acara pelantikan. Dia mengatakan, bukan tidak mau hadir pada acara pelantikan, tapi pada saat yang sama ia sedang berada di luar kota.

Pejabat berwenang di Pidie mengaku telah menerima surat pengunduran diri Riza. "Ya, benar yang bersangkutan telah mengajukan surat pengunduran diri," kata kepala BKDSDM Pidie, Muhklis, Kamis (15/8/2019).

Pejabat ini juga mengaku, begitu menerima surat pengunduran diri Mohd Riza, pihaknya langsung memprosesnya. "Usai kegiatan pelantikan, langsung kami proses," pungkas Muhklis.[*]

Komentar

Loading...