Breaking News

Diduga Korupsi, Mantan Kadisdik Aceh Tengah Ditahan

Diduga Korupsi, Mantan Kadisdik Aceh Tengah Ditahan
Ilustrasi

TAKENGON – Kejaksaan Negeri (Kejari) Aceh Tengah menetapkan mantan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) setempat, Drs Nas, sebagai tersangka dalam kasus tindak pidana korupsi. Sejak Rabu (2/10/2019), yang bersangkutan secara resmi menyandang status tahanan.

Bersama 6 tersangka lainnya, mantan Kadisdik Aceh Tengah itu ditahan di Rutan Kelas IIB Takengon. Ia dituduh terlibat kasus dugaan tindak pidana korupsi pematangan lahan pembangunan SD Negeri Paya Ilang.

Ihwal penahanan Drs Nas dibenarkan pihak Kejari Takengon. “Kemarin, sekira pukul 13.00 WIB, para tersangka sudah ditahan di Rutan Takengon,” kata Zainul Arifin, Kasi Pidsus Kejari Takengon, Kamis (3/10/2019).

Selain Drs NA, pihak kejaksaan juga menahan PPTK (ZU), pembantu PPTK (IH), dan rekanan, masing-masing berinisial YU, AR, SY dan RI.  Zainul menyebut, penahanan dilakukan setelah berkas dugaan tindak pidana korupsi tersebut, benar-benar lengkap sehingga tinggal hanya menunggu pelimpahan ke Pengadilan Tipikor, di Banda Aceh.

Sebelum dilakukan penahanan, lanjutnya, masing-masing tersangka telah melewati proses pemeriksaan terlebih dulu. Setelah seluruh tahapan dilalui, para tersangka langsung diantar ke Rutan Takengon untuk ditahan. “Insya Allah, minggu depan berkas serta para tersangka sudah kita limpahkan ke Pengadilan Tipikor Banda Aceh,” ujarnya.

Sebelumnya, Kejari Takengon telah menerima pengembalian uang negara senilai Rp 449 juta lebih dari para tersangka. Jumlah dana yang dikembalikan itu sesuai dengan hasil audit BPKP. “Pengembalian ini kami terima Senin 16 September 2019 kemarin,” kata Kasi Zainul sebagaimana dilansir dari Serambinews.com. 

Meski demikian, katanya, para tersangka tetap akan menjalani proses hukum. “Para tersangka memang sudah beritikad baik untuk mengembalikan kerugian negara. Meski begitu, proses hukumnya tetap berlanjut, sehingga yang berhak memutuskan adalah pihak pengadilan.[*]

Komentar

Loading...