Breaking News

Darmili Terbukti Korupsi Rp 595 Juta, Dipenjara 4,6 Tahun

Darmili Terbukti Korupsi Rp 595 Juta, Dipenjara 4,6 Tahun
Darmili seusai menjalani persidangan (foto: repro)

BANDA ACEH – Mantan Bupati Simeulue Darmili dinyatakan terbukti melakukan korupsi dana PDKS tahun 2002-2012 sebanyak Rp 595 juta. Atas kesalahan tersebut, PN Tipikor Banda Aceh menghukum mantan pegawai BPKP itu selama 4,6 tahun penjara.

Ketua Majelis Hakim, Juandra SH, yang membacakan putusan Jumat (20/12/2019) menyatakan, Darmili terbukti bersalah. Mantan bupati tersebut dinyatakan melakukan korupsi dana Perusahaan Daerah Kabupaten Simeulue (PDKS) tahun 2002-2012.

Karena kesalahan tersebut, Darmili diganjar hukuman 4,6 tahun penjara. Vonis tersebut lebih ringan dari tuntutan jaksa yang menuntutnya lima tahun penjara. "Menyatakan terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama," ujar hakim.

Selain pidana penjara, Darmili juga dibebankan membayar denda sebesar Rp 200 juta dengan ketentuan jika tidak dibayar diganti dengan kurungan selama tiga bulan. Masih ada lagi. Pengadilan juga membebankan Darmili membayar uang pengganti sebesar Rp 595 juta.

Untuk menyelesaikan kewajiban tersebut, Darmili diberi waktu paling lama satu bulan. Jika tidak, maka Pengadilan akan menyita harta benda milik Darmili. "Jika tidak mencukupi akan diganti dengan kurungan selama satu tahun," ujar Juandra.[]

Komentar

Loading...