Breaking News

Daerahnya Boleh Miskin, tapi Bupati Ini Beli Mobil Dinas Seharga Rp 1,9 Miliar

Daerahnya Boleh Miskin, tapi Bupati Ini Beli Mobil Dinas Seharga Rp 1,9 Miliar
Bupati Pandeglang Irna Narulita (foto IG)

PANDEGLANG – Dari 8 kabupaten/kota di Provinsi Banten, Pandeglang tergolong daerah miskin. Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2018 kabupaten ini hanya Rp 205 miliar.

Meski menyandang predikat sebagai kabupaten miskin, tapi Pemkab setempat tidak mau kalah dalam soal penampilan. Daerah yang berpenduduk 1.175.148 jiwa itu baru saja membeli mobil dinas baru untuk bupatinya, Irna Narulita.

Kabar yang beredar menyebutkan, Pemkab Pandeglang membeli mobil merek Land Cruiser Prado dengan harga Rp 1,9 miliar untuk menunjang operasional Bupati Irna Narulita. Sekda Pandeglang Fery Hasanudin yang dikonfirmasi wartawan membenarkan informasi tersebut.

Dia menjelaskan, pengadaan mobil baru itu dilakukan berdasarkan permintaan bupati. Sebelumnya, kata Sekda, juga melalui pertimbangan staf.

Fery juga mengataan, selama ini, bupati hanya punya 1 unit mobil dinas jenis Velfire. "Ya namanya bupati kan untuk kepentingan protokoler. Latar belakangnya bupati kan punya mobil yang pendek itu ya, yang dulu itu, Velfire, dan wajarlah namanya dia selama itu kan," kata Fery kepada wartawan di Pandeglang, Senin (11/3/2019). 

Menurut Fery, kondisi mobil lama menyulitkan bupati ketika melakukan perjalanan dinas ke lapangan. Bahkan, katanya, untuk keperluan tertentu bupati terpaksa meminjam mobil milik Dinas Kominfo setiap kali mengunjungi daerah-daerah.

Karena itu, menurut Sekda, sangat wajar bupati memiliki mobil baru tersebut. "Masa ke lapangan suka minjem ke Kominfo, dan secara aturan boleh-boleh aja," katanya. 

Pengadaan mobil dinas baru itu, kata Fery, menggunakan anggaran tahun 2018. Mobil sudah dipakai untuk kepentingan kunjungan bupati khususnya ke daerah selatan. Soal penilaian Pandeglang daerah miskin, menurut Fery, tidak ada kaitan dengan pengadaan mobil baru bupati.

Dia menambahkan, selama ini, target PAD selalu tercapai. Pembangunan fisik infrastuktur juga berjalan. "Pandeglang wilayahnya cukup luas. Infrastuktur kualitas dan kuantitas kita sudah. Bahkan konsentrasi kita ke infrastuktur, apalagi untuk 2019," katanya. 

Di tempat terpisah, Ketua DPRD Pandeglang Gunawan yang diminta pendapatnya tentang hal ini menyatakan enggan berkomentar. Ia hanya mengatakan, pengadaan mobil dinas baru bupati sesuai kebutuhan dan ia menyerahkan sepenuhnya ke Pemkab. "Silahkan ke Sekda saja," ujarnya.*** 

Komentar

Loading...