Breaking News

kanal TECHNO

Cara Buat SIM Online Menggunakan Aplikasi SINAR

Cara Buat SIM Online Menggunakan Aplikasi SINAR
Aplikasi Korlantas Polri

KANAL73.com – Aplikasi SINAR bisa didownload melalui Play Store (untuk android) dan App Store (apple). Aplikasi ini memungkinkan orang untuk membuat atau melakukan perpanjangan SIM secara online.

Berikut cara perpanjangan SIM Online menggunakan aplikasi SINAR.

1.  Unduh Aplikasi Digital Korlantas Polri

2.  Login ke aplikasi dan Verifikasi Identitas

Pemohon akan diminta melakukan verifikasi identitas dengan memasukkan nomor ponsel dan email. Setelah itu, pemohon akan mendapatkan nomor OTP sebagai bukti verifikasi. Setelah itu, masukkan NIK, nama lengkap sesuai KTP, untuk diverifikasi melalui face recognition.

3.  Isi Data Diri

Setelah itu, langsung login ke aplikasi Digital Korlantas Polri. Pilih icon SINAR atau SIM dan klik opsi “perpanjangan SIM”. Setelah itu, unggah foto KTP, foto SIM lama, foto tanda tangan, dan pas foto.

4.  Tes Kesehatan dan Psikologi

Untuk tes kesehatan melalui E-Rikkes dan pemeriksaan psikologi melalui e-PPsi yang tersedia di layanan SINAR, pemohon akan mendapatkan booking code yang ditunjukkan saat kunjungan ke dokter yang telah direkomendasikan oleh Pusdokkes Polri.

Baca juga: Polri Luncurkan Aplikasi SINAR, Perpanjang SIM Cukup Lewat HP

Dokter akan melakukan update hasil pemeriksaan pemohon pada aplikasi e-RikKes. Apabila memenuhi syarat, hasil tes akan terkirim otomatis. Jika tidak, maka proses perpanjangan SIM gagal.

5.  Pilih Wilayah Polda dan Satpas

6.  Isi Metode Pengiriman

7.  Proses Pembayaran

Pemohon dapat melakukan pembayaran melalui virtual account BNI. Setelah pembayaran selesai, SIM akan dikirim ke alamat pemohon.

SINAR hanya bisa digunakan untuk perpanjangan SIM. Sedangkan untuk pembuatan SIM baru, pemohon tetap harus datang ke Satpas tapi tetap dengan syarat harus melakukan registrasi secara online melalui aplikasi Digital Korlantas Polri terlebih dahulu.[]

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...