Breaking News

Covid-19 tak Jadi Penghalang

Calon Pengantin yang Nikah di KUA Kuala Batee Capai 40 Pasangan hingga Juni

Calon Pengantin yang Nikah di KUA Kuala Batee Capai 40 Pasangan hingga Juni
sebuah prosesi pernikahan di masa Covid-19 di Kuala Batee (Foto: Kanal73/juanda kaswar)

BLANGPIDIE – Pandemi Covid-19 yang sedang melanda tidak menyurutkan niat pasangan calon pengantin untuk menikah. Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kuala Batee, Aceh Barat Daya (Abdya) mencatat, hingga Juni 2020 sudah terdaftar 40 pasangan yang segera melangsungkan perkawinan.

Ditemui di kantornya kawasan Pasar Kota Bahagia, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Kuala Batee Abdul Aziz SH menjelaskan, pihaknya tetap menerima pendaftaran pernikahan calon pengantin selama Covid-19. “Alhamdulilah, walaupun lagi musimnya virus pandemi Covid-19, kita tetap menerima berkas pernikahan pasangan calon suami-istri di kantor KUA,” ujarnya kepada Kanal73, Kamis (25/6/2020).

Dia menerangkan, hingga akhir Juni 2020 jumlah pasangan yang mendaftar untuk menikah di KUA Kuala Batee sudah mencapai 40 pasangan. Karena situasi pandemi, kata Aziz, mereka menerapkan protokol kesehatan dalam melakukanproses pendaftaran. “Semua wajib menggunakan masker serta sarung tangan dan tetap harus menjaga jarak saat prosesi akad nikah,” terangnya.

Selain itu, kata kepala KUA, jumah tamu undangan yang diperkenankan menghadiri prosesi akad nikah juga dibatasi, maksimal 10 orang. “Tidak dibolehakan masuk lebih, supaya tidak menciptakan keramaian yang berpotensi penyebaran virus Covid-19,” kata Aziz.

Meski suasana pernikahan merrupakan saat-saat yang penuh kebahagiaan bagi keluarga dan kedua mempelai, kepala KUA mengingatkan untuk tetap saling waspada. “Harus saling menjaga demi pencegahan,” dia mengingatkan.

Menurur Abdul Aziz, penyesuaian aturan yang diberlakukan di instansi itu menyesuaikan dengan kondisi kedaruratan karena wabah Covid-19. Dia berharap masyarakat bisa mengerti dan mematuhinya.

Berikut penerapan protokol kesehatan dalam rangka Covid-19 pada prosesi akad nikah di KUA Kuala Batee:

1.   Membatasi jumlah orang yang mengikuti prosesi akad nikah dalam satu ruangan tidak lebih dari 10 orang.

2.   Calon pengantin dan anggota keluarga yang mengikuti prosesi harus mencuci tangan dengan sabun/hand sanitizer dan menggunakan masker.

3.   Petugas, wali nikah, dan calon pengantin laki-laki menggunakan sarung tangan dan masker pada saat ijab kabul.

Protokol akad nikah di luar KUA:

1.   Ruangan prosesi akad nikah harus merupakan tempat terbuka atau ruangan yang berventilasi sehat.

2.   Membatasi jumlah orang yang mengikuti prosesi akad nikah dalam satu ruangan tidak lebih dari 10 orang.

3.   Calon pengantin dan anggota keluarga yang mengikuti prosesi harus telah membasuh tangan dengan sabun/ hand sanitizer dan menggunakan masker. 

Petugas, wali nikah, dan calon pengantin laki-laki menggunakan sarung tangan dan masker pada saat ijab kabul.[K73/CK-01]

Komentar

Loading...