Breaking News

Busana Mendikbud Nadiem di Acara Pelantikan Rektor Dinilai Terlalu Santai

Busana Mendikbud Nadiem di Acara Pelantikan Rektor Dinilai Terlalu Santai
Gaya santai Mendikbud Nadiem Makarim pada acara pelantikan Rektor UI (foto: repro)

JAKARTA – Mendikbud Nadiem Makarim benar-benar ingin membawa warna milineal dalam keseharian melaksanakan tugas sebagai menteri. Selain tidak mau terikat dengan budaya “teks pidato”, dia juga kerap terlihat menggunakan busana santai di acara resmi.

Mantan bos Gojek itu tampak hadir dan memberikan sambutan tanpa teks pada acara pelantikan Rektor Universitas Indonesia (UI), Jumat (6/12/2019). 

Dalam tayangan video yang beredar terlihat, Nadiem mengenakan kemeja tenun dengan lengan digulung. Kesan santai juga terlihat dari celana jeans dan sepatu loafers berbahan suede yang dikenakan.

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kemendikbud, Ade Erlangga, yang memberikan klarifikasi soal kehadiran Mendikbud pada acara pelantikan Rektor UI meminta semua pihak memaklumi gaya Nadiem.

Tidak hanya pada acara tersebut, gaya kasual Nadiem itu, menurut Ade, kerap ditunjukan saat bertemu Presiden Joko Widodo. "Jadi dengan style Pak Menteri seperti itu harus dipahami bahwa bagaimanapun style itu ditampakkan dengan presiden, presiden itu kan yang penting terjadi lompatan-lompatan kemajuan. Jadi, esensinya lebih ke situ. Jadi persoalan-persoalan substantif harus kita kembangkan bagaimana itu bisa dibangun bersama-sama. Soal style pakaian itu kan tidak masuk, Pak Menteri kan tidak masuk dalam seremonialnya," ujar dia.

Lebih jauh, Ade menjelaskan, bahwa acara pelantikan rektor UI dilaksanakan oleh Wali Amanat.   "Terima kasih atas kritikannya tapi memang kan kita juga melihat Pak Menteri kan dalam konteks tidak.... Itu kan pelantikannya langsung oleh wali amanat. Jadi wali amanat dengan pakaian kebesarannya, guru besar dan segala macam," kata Ade Erlangga kepada wartawan.[]

Komentar

Loading...