Breaking News

Bupati Akmal Tutup Operasional Rumah Sakit Teungku Peukan

Bupati Akmal Tutup Operasional Rumah Sakit Teungku Peukan
Bupati Akmal Ibrahim (foto: repro)

BLANGPIDIE – Setelah menghentikan proses belajar secara tatap muka pekan lalu, mulai hari ini Senin (3/8/2020), Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Akmal Ibrahim juga menutup sementara operasional rumah sakit umum setempat. Keputusan itu ditegaskan Akmal dalam surat resmi nomor 050/842/2020 tanggal 1 Agustus 2020.

Surat tersebut ditujukan kepada Kepala Dinas Kesehatan Abdya. Bupati memerintahkan kepala dinas kesehatan agar menyampaikan informasi penutupan RSU Teungku Peukan yang beralamat di Desa Padang Meurantee Kecamatan Susoh itu kepada seluruh Puskesmas. Untuk sementara, pihak Puskesmas diminta agar tidak merujuk pasien ke rumah sakit tetapi melakukan rawat inap di masing-masing Puskesmas.

Meski RSU ditutup, pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD), apotik, Ruang Haemodalisa (HD), Unit Transpusi Darah (UTD), dan Ruang Isolasi Khusus (RIK) Covid-19 tetap dibuka seperti biasa. RSU ditutup hingga Minggu (16/8/2020) mendatang.

20200803-whatsapp-image-2020-08-03-at-11.43.18

Dijelaskan, pasien yang memerlukan obat khusus seperti TB-MDR, obat jantung, obat diabetes mellitus, obat epilepsy akan dilayani setiap hari Rabu di RSU Teungku Peukan.

Sedangkan bagi pasien yang bersifat darurat (emergency) memerlukan rujukan, maka dirujuk ke rumah sakit terdekat. Rujukan tersebut harus melalui IGD RSU TP Abdya.   

Dalam suratnya, Bupati Akmal menjelaskan, bahwa penyebaran wabah Covid-19 semakin meningkat, membentuk klaster baru di 8 dari 9 kecamatan dalam Kabupaten Abdya. Sampai tanggal 1 Agustus, katanya, terjadi 21 kasus positif Covid-19.

Klaster terbaru terbentuk di RSU Teugku Peukan dengan ditemukannya 15 orang tenaga medis rumah sakit tersebut dinyatakan positif Covid-19. Karena itu, setelah mendapatkan pertimbangan teknis, dia mengambil sikap untuk menutup sementara operasional rumah sakit.[K73-C11]

Komentar

Loading...