Breaking News

BUMN Akan Buka Lowongan Kerja Besar-besaran

BUMN Akan Buka Lowongan Kerja Besar-besaran
BUMN (foto: repro)

JAKARTA – Badan usaha milik negara (BUMN) bakal kembali membuka seleksi program perekrutan bersama (PPB). Menurut informasi yang berhasil dihimpun media ini, rekruitmen untuk calon karyawan BUMN ini akan dibuka pada akhir tahun ini.

Direktur Eksekutif Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Sofyan Rohidi menjelaskan kepada wartawan, perusahaan negara yang akan menerima calon karyawan terus melakukan berbagai persiapan. "Ya bisa dibilang begitu, bisa saja ya (sebelum akhir tahun). Kita kan bergerak terus ini sebenarnya," kata Sofyan Rohidi di Jakarta, Minggu (25/8/2019).

Dia menjelaskan, berdasarkan Anggaran Perusahaan (RKAP) tahun ini, yang disampaikan Kementerian BUMN, perusahaan pelat merah secara total butuh 11 ribu karyawan baru. Sebanyak 3.310 karyawan telah direkrut melalui PPB gelombang pertama.

Bila dihitung masih ada 7.690 karyawan baru yang dibutuhkan. Jumlah pastinya mungkin sudah berubah karena masing-masing BUMN ada yang sudah melakukan rekrutmen menggunakan mekanisme lain. Tapi, pada dasarnya kebutuhan BUMN belum mencapai target sehingga rekrutmen bersama akan kembali dibuka.

"Sebenarnya gini, jadi kan kita ini belum mencapai target (jumlah karyawan baru yang dibutuhkan)," tambahnya.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno sebelumnya mengungkapkan keinginannya agar BUMN bisa merekrut hingga 50 ribu pegawai baru dalam beberapa tahun ke depan.

"Saya harap tahun-tahun ke depan kita sudah bisa rekrut 50 ribu, sehingga untuk melakukan itu BUMN-nya harus naik 10 kali lipat," kata dia di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (23/8/2019).

Sebelumnya, Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto Putro mengatakan, tahun ini sudah dilaksanakan PPB gelombang pertama dan akan disusul gelombang kedua.

"Tahun ini mungkin masih ada batch kedua. Ini baru batch pertama," kata dia di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (23/8/2019).***

Komentar

Loading...