Breaking News

Bulan Madu ke Malaysia, Warga Aceh Pulang Bawa Corona

Bulan Madu ke Malaysia, Warga Aceh Pulang Bawa Corona
Ilustrasi penanganan pasien Corona (foto: Liputan.com)

BANDA ACEH – Pergi bulan madu lazimnya orang membawa pulang berita gembira, tapi tidak dengan seorang warga Aceh ini. Sekembali berlibur dengan pasangan di Malaysia, pengantin pria dinyatakan positif terinfeksi virus Corona.

Informasi dari sumber berwenang di RSUZA Banda Aceh menyebutkan, kasus terbaru itu menambah jumlah warga yang terkena virus menjadi lima orang. Pasien kelima adalah seorang pria 22 tahun yang baru pulang bulan madu dari Malaysia.

Fakta ini dibenarkan Direktur RSUZA Dr dr Azharuddin, Sp.OT, K-Spine FICS. “Pasien baru pulang bulan madu dari Malaysia, sampai di Banda Aceh tanggal 15 Maret 2020," katanya kepada pers di Banda Aceh, Minggu (29/3/2020) sore.

Dijelaskan, simpulan itu diambil berdasarkan hasil pemeriksaan swab yang dikeluarkan oleh Balitbang Kemenkes RI yang diterima pihak RSUDZA, Minggu sore.

Azharuddin menjelaskan, pasien muda yang baru pulang dari Malysia masuk Ruang RICU RSUZA tanggal 22 Maret 2020 dengan keluhan batuk, demam, dan diare. Pasien ini sudah dilakukan pemeriksaan laboratorium dan foto thoraks (dada) pada 22 Maret 2020.

Selain itu, pihak rumah sakit juga sudah melakukan pemeriksaan swab tenggorokan tanggal 23 Maret 2020. “Karena kondisi klinisnya membaik, pada 25 Maret 2020 pasien diperbolehkan pulang dan menjalani karantina rumah,” sebut sumber rumah sakit.

Menurut informasi, pasien ini berdomisili wilayah utara Kabupaten Aceh Besar. Penjelasan pihak rumah sakit menyebutkan, pemeriksaan swab pada 29 Maret 2020 sore memperlihatkan hasil swab tenggorokannya keluar.  Karena itu, pihak Balitbang Kemenkes RI menyatakan pasien berusia 22 tahun itu positif Corona.

Meski suaminya positif, isterinya dinyatakan berstatus orang dalam pemantauan (ODP) dan tidak menjalani rawat inap. Akan halnya laki-laki pasangannya, akan segera dijemput untuk diisolasi dan dirawat kembali di Ruang RICU RSUZA.[]

Komentar

Loading...