Breaking News

BPN Bener Meriah Berhasil Integrasikan BPHTB Secara Online

BPN Bener Meriah Berhasil Integrasikan BPHTB Secara Online

REDELONG – Bekerja sama dengan Badan Pengelola Keuangan, Pendapatan, dan Aset Kabupaten Bener Meriah, BPN setempat berhasil melakukan integrasi e-BPHTB secara online. Perjanjian kerja sama ini dituangkan dalam surat No. 92/100.2.22.II/VI/200 dan No. 594.3/06/NK/2020.

Perjanjian tersebut mencakup kegiatan pensertipikatan tanah, penanganan permasalahan asset tanah dan pengintegrasian data pertanahan dengan perpajakan daerah melalui Pajak Bumi dan Bangunan perdesaan dan perkotaan (PBB-P2) dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

Dalam keterangan yang disampaikan ke Redaksi Kanal73, Kepala Perwakilan Kantor Pertanahan Kabupaten Bener Meriah Mustafa M, SST, MM menjelaskan, e-BPHTB adalah pelayanan pembayaran, pelaporan, dan verifikasi pembayaran bea perolehan hak atas tanah dan bangunan secara elektronik.

Dijelaskan, BPHTB merupakan komponen dari pajak daerah yang mempunyai peran strategis dan sangat berkontribusi bagi peningkatan PAD (Pendapatan Asli Daerah) dan pembangunan daerah.

Dengan langkah percepatan, kata Mustafa, kemudahan dan penyederhanaan proses melalui BPHTB online akan lebih meningkatkan ketaatan pembayaran PBB-P2. “E-BPHTB hadir untuk mengurangi kemungkinan manipulasi wajib pajak sehingga secara tidak langsung akan memengaruhi pendapatan daerah yang saat ini mengalami kenaikan,” ujarnya.

Dia menerangkan, pelaksanaan BPHTB berbasis online dan terintegrasi dengan data pertanahan dan perpajakan PBB- P2 juga akan mempermudah wajib pajak menyetorkan pajaknya. “Mengenai integrasi BPHTB online, Integrasi Host to Host BPHTB secara online dapat memberikan dampak yang positif pada peningkatan pendapatan asli daerah, tertib administrasi serta mencegah terjadinya kecurangan (pemalsuan dokumen dan kekurangan), serta meningkatkan kualitas pelayanan publik,” kata dia.

Integrasi BPHTB online ini, kata Mustafa, antara lain akan meningkatkan penerimaan daerah dari perolehan BPHTB dengan meminimalisir kekurangan bayar dan pemalsuan BPTHB.

E-BPHTB juga mendukung program pemerintah dalam kemudahan berusaha (EoDB) untuk registering property. “Selain itu BPHTB online dapat mempercepat proses layanan pertanahan dan masyarakat tidak perlu melakukan peralihan subjek PBB,” pungkasnya.[]

Komentar

Loading...