Breaking News

Bapak-bapak Ini Luar Biasa … Enjoy Korupsi Dana Desa Selama Empat Tahun

Bapak-bapak Ini Luar Biasa … Enjoy Korupsi Dana Desa Selama Empat Tahun
Polres Aceh Barat mengumumkan tersangka korupsi dana gampong (foto: dok Ist)

MEULABOH – Sebagai pemimpin, perangkat desa seharusnya menjadi teladan. Tapi, tidak dengan tiga orang ini. Oknum geuchik dan dua orang perangkat Desa Alue Sikaya, Kecamatan Woyla, Aceh Barat, malah mencoreng wajah desanya dengan perbuatan tak terpuji. Mereka diduga terlibat korupsi dana desa.

Ketiganya sekarang ditetapkan sebagai tersangka. Polres Aceh Barat telah menahan ketiganya sejak 13 September 2019. Petua gampong itu diduga terlibat tindak pidana korupsi dana desa selama empat tahun terakhir.  

Penetapan ketiga tersangka disampaikan Kapolres Aceh Barat, AKBP Raden Bobby Aria Prakasa SIK dalam jumpa pers di Mapolres setempat, Rabu (18/9/2019) siang. Waktu itu Kapolres didampingi Kabag Ops Kompol Masril dan Kasat Reskrim Iptu M Isral SIK.

Kecuali para tersangka, pada acara itu juga dihadirkan tiga mantan perangkat desa, yaitu mantan Geuchik HD (41), mantan Kaur Pembangunan MT (43), dan mantan Bendahara MZ (30). Polisi juga memperlihatkan barang bukti kasus korupsi dana desa.

Kapolres mengatakan, tindakan oknum perangkat desa itu telahmenimbulkan kerugian negara sesuai hasil audit Inspektorat Aceh Barat, yaitu sebesar Rp 318,5 juta. Kasus ini, katanya, terjadi selama beberapa tahun, yakni tahun 2013, 2015, 2016 dan 2017.

Keterangan Kapolres menyebutkan, para tersangka melakukan kejahatan dengan cara membuat laporan pertanggung jawaban fiktif. Dalam laporan pertanggungjawaban kegiatan dalam APBG perubahan, mereka juga mengurangi volume pada pekerjaan fisik.[*]

Komentar

Loading...