Breaking News

Bangkitkan Semangat Gotong Royong Warga, Pijay Gleeh Sambangi Gampong Mee Peudeuk

Bangkitkan Semangat Gotong Royong Warga, Pijay Gleeh Sambangi Gampong Mee Peudeuk
Warga bergotong royong di Gampong Mee Peudeuk (foto: Ist)

MEUREUDU – Komunitas Pijay Gleeh melakanakan aksi gotong royong bersama warga Gampong Mee Peudeuk Kecamatan Trienggadeng, Kabupaten Pidie Jaya, Minggu (27/7/2020). Kegiatan ini melibatkan relawan lintaskomunitas dan anggota TNI KoramilTrienggadeng.

Fauzi M. Daud, salah satu anggota Komunitas Pijay Gleeh mengatakan, komunitas itu turun ke gampong-gampong membaur dengan masyarakat, untuk membangkitkan kembali semangat kegotongroyongan yang mulai terkikis. Di Gampong Mee Peuduek, mereka mengajak masyarakat untuk sama-sama membersihkan sampah di lingkungan masyarakat dan fasilitas umum.

Menurut Fauzi, semangat gotong royong warga Mee Peudeuk sangat luar biasa. Banyak sampah yang berhasil mereka angkut ke tempat pembuangan akhir (TPA). "Selayaknya kita saling membantu dan bekerja bersama-sama untuk terwujudnya Pidie Jaya yang gleeh (bersih) dengan semangat kebersamaan dalam bergotong royong," katanya.

20200726-pijai-2

Alumni IAIN Ar-Raniry ini menambahkan, semangat gotong royong perlu dijaga dan lestarikan, karena ini merupakan warisan endatu. “Dulu orang tua kita sangat kompak, baik dalam hal membangun tempat ibadah maupun fasilitas umum lainnya,’ ujar Fauzi lagi.

Relawan ini juga mensinyalir, budaya gotong royong yang juga bermanfaat membina persatuan antarwarga semakin memudar dewasa ini. Menurut Fauzi, jika hal ini terus dibiarkan, ke depan yang gotong royong hanya orang-orang miskin. “Orang kaya pasti tidak akan mau bergotong royong lagi, karena semua diukur dengan materi,” ujar Fauzi sambil menambahkan,  bahwa hal yang seperti ini akan mengikis kekerabatan dan kebersamaan di lingkungan masyarakat.

Karena itu, lanjutnya, relawan dan masyarakat Pidie Jaya sudah seharusnya secara bersama-sama menjaga kebersihan untuk meciptakan lingkungan yang bersih, indah, rapi, asri dan sehat demi terwujudnya Pidie Jaya bebas sampah.

Soal sampah di Pidie Jaya, dia mengingatkan, bahwa masalah ini merupakan tanggung jawab kita bersama. “Kita harus sama-sama mencari solusi, salah satu caranya dengan membangun kesadaran diri dan keluarga kita agar tidak membuang sampah sembarangan,” imbau Fauzi.[teuku saifullah, kontributor Pidie Jaya]

Komentar

Loading...