Kasus Suap

Azis Syamsuddin yang Perkenalkan Penyidik KPK ke Wali Kota Tanjungbalai

Azis Syamsuddin yang Perkenalkan Penyidik KPK ke Wali Kota Tanjungbalai
Ketua KPK, Firli Bahuri (foto: repro)

KANAL73.com, JAKARTA – Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin punya andil memperkenalkan Penyidik KPK, AKP Stepanus Robin Pattuju, dengan Wali Kota Tanjungbalai, Syahrial. Peran Azis menimbulkan tanda tanya di publik, apa kepentingan seorang wakil ketua DPR melakukan hal tersebut.

Ketua KPKFirli Bahuri, mengatakan, pihaknya sedang melakukan upaya-upaya untuk mengungkap motif yang diduga melatarbelakangi peran Azis dalam memperkenalkan penyidik KPK dengan Wali Kota Tanjungpinang. “Nanti kita lihat perbuatannya apa, keterangan saksinya apa, bukti lain apa, petunjuk apa, dokumen apa," ujar Firli di Gedung KPK, Sabtu (24/4/2021).

Ketua KPK tidak menjawab apakah Azis menerima sesuatu setelah memperkenalkan Robin kepada Syahrial? Firli hanya mengatakan bahwa proses hukum masih berjalan. "Kami pastikan kepada seluruh rakyat Indonesia, kami akan tuntaskan," ucapnya.

Sebelumnya, KPK telah menetapkan penyidik KPK dari Polri, AKP Stepanus Robin sebagai tersangka suap. Robin diduga menerima Rp 1,5 miliar dari Syahrial dengan maksud agar penyelidikan kasus korupsi di Pemkot Tanjungbalai tidak naik ke penyidikan.

Dijelaskan, uang suap diduga diberikan setelah keduanya bertemu di rumah Azis Syamsuddin pada Oktober 2020. Uang itu dikirim ke Robin secara bertahap melalui 59 kali transfer menggunakan rekening orang lain. Total yang telah diterima Robin adalah Rp 1,3 miliar.

Firli mengatakan, Syahrial setuju mentransfer uang secara bertahap ke rekening milik saudara Robin. Selain itu, Syahrial juga memberikan uang secara cash kepada Robin. “Sehingga total uang yang telah diterima oleh SRP kurang lebih Rp 1,3 miliar," kata Firli pada jumpa pers di KPK, Kamis (22/4) malam.[]

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...