Breaking News

Andrian dan Siti Laya Wakili Abdya ke Seleksi Duta Kamtibmas Provinsi

Andrian dan Siti Laya Wakili Abdya ke Seleksi Duta Kamtibmas Provinsi
Peserta seleksi Duta Kamtibmas Abdya 2019 (foto: dok Ist)

BLANGPIDIE – Cabang Dinas (Cabdis) Pendidikan Aceh di Aceh Barat Daya menyelenggarakan seleksi Duta Pelajar Kamtibmas 2019 untuk daerah itu, 14-15 Oktober 2019. Dalam seleksi yang berlangsung di aula Cabdis setempat, Andrian Fajar Riski dan Siti Laya Nafti berhasil keluar sebagai juara pertama.

Dengan ditetapkan keduanya sebagai Duta Pelajar Kamtibmas Abdya 2019, maka kedua siswa SMAN Unggul Tunas Bangsa tersebut akan mewakili kabupaten itu pada seleksi Duta Pelajar Kamtibmas tingkat Provinsi Aceh bulan depan. Selain mereka, Juara II dan III ditempati Muzahir dan Cut Maya Safira (SMA Negeri 5 Abdya) serta Randa Akbar dan Alifya Safara (SMA Negeri 1 Abdya). 

Kegiatan itu dilaksanakan Cabdis Abdya bekerja sama dengan Polres setempat, diikuti 40 siswa/i SMA dan SMK setempat. Setiap sekolah mengirimkan satu siswa dan satu siswi.

Usai pengumuman dewan juri, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Abdya, Drs Syarbaini Oesman MSi, dan Kapolres Abdya diwakili  Kasat Bimas, Iptu Mardiansyah SH, memasang selempang kepada para juara.

Kegiatan itu sebelumnya telah dibuka oleh Wakapolres Abdya Kompol Ahzan SIK SH, Senin pagi.  Turut hadir Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Abdya Drs Syarbaini Oesman MSi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Abdya Jauhari SPd dan Kasat Bimas Polres Abdya Iptu Mardiansyah SH.

Acara pembukaan juga dihadiri Koordinator dan Anggota Pengawas SMA/SMK, para Kepala SMA dan SMK, Bendahara Korbar-GB Abdya Irma Suryani SPd MPd serta para pendamping peserta seleksi.

Ketua Panitia pelaksana Jamarudin Spd melaporkan seleksi duta pelajar Kamtibmas 2019 diikuti 40 siswa dari SMA dan SMK di Kabupaten Abdya. Setiap sekolah mengirimkan satu siswa dan satu siswi.

Seleksi duta kamtibmas bertujuan mempersiapkan tumbuh kembang anak sebagai pelopor, antara lain memahami pentingnya pemahaman dan kesadaran peserta didik dalam program Kamtibmas.

Selain itu memasyarakatkan pemahaman wawasan dan empat pilar Kebangsaan Negara Indonesia, membangun semangat nasionalisme dalam diri generasi muda bangsa sejak dini serta membangun dan membina persahabatan antarsiswa yang dapat memperkukuh persatuan bangsa.

Jamarudin, juga Kasi Manajemen GTK dan Muta Kesiswaan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Abdya menjelaskan, materi seleksi adalah yang menyangkut narkoba, wawasan kebangsaan, tertib lalu lintas, kekerasan di lingkungan sekolah, indesipliner dan penyalahgunaan informasi teknologi. Kemampuan peserta memahami materi Kamtibmas dalam seleksi tersebut diuji tim juri, antrara lain, dari Polres Abdya.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Abdya, Syarbaini pada kesempatan itu menjelaskan, seleksi duta pelajar kamtibmas terkait dengan salah satu program prioritas Pemerintah Aceh, yaitu lulusan sekolah yang memiliki daya saing.

Dia menekan bahwa agar para peserta mengikuti seleksi secara serius. “Target, tim duta pelajar kamtibmas Abdya harus juara pertama tingkat provinsi,” kata Syarbaini. 

Sementara Wakapolres Abdya, Kompol Ahzan ketika membuka acara seleksi mengatakan, seleksi duta pelajar Kamtibmas sangat bermanfaat untuk membangun kerakter.

Ia mengatakan, kondisi pelajar saat ini sangat memprihatinkan, seharusnya mereka mengikuti pendidikan, namun sebagian di antara mereka justru berurusan dengan hukum karena terlibat narkoba, dan ada juga sebagian pelajar menghabiskan waktu di warung kopi.[*]

Komentar

Loading...