Breaking News

kanal TECHNO

Ada Istilah RAM di HP, Apa Fungsinya?

Ada Istilah RAM di HP, Apa Fungsinya?
Ilustrasi (foto: Teknorus.com)

KANAL73.com – Kita sering mendengar penyebutan RAM ketika berurusan dengan handphone atau perangkat komputer. Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan RAM dan apa fungsinya?

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory. Ini adalah piranti yang berfungsi untuk menyimpan data-data atau instruksi program secara temporer.

Perangkat komputasi memerlukan informasi ini saat melakukan booting, meluncurkan program, memuat fitur, atau mengolah berbagai tugas lainnya. Data atau instruksi ini baru akan hilang apabila perangkat dimatikan, dinyalakan ulang (restart), atau saat kehilangan daya.

RAM merupakan komponen penting, dapat ditemukan pada berbagai perangkat komputasi, contohnya PC dekstop, laptop, smartphone, tablet, arloji pintar, televisi pintar, sampai konsol gaming.

Jenis RAM pada Komputer

RAM tersedia dalam bermacam tipe berbeda. Mulai dari FPM DRAM (Fast Page Mode), EDO RAM (Extended Data Output), dan SDRAM (Single Data Rate). Namun, perangkat komputasi yang dirilis pada era sekarang, rata-rata telah menggunakan RAM bertipe DDR3 atau DDR4. DDR adalah singkatan dari Double Data Rate.

RAM DDR3

Nomor urut di belakangnya mewakili generasi dari jenis RAM itu sendiri. DDR3 punya kecepatan transfer yang berkisar dari 800 sampai 1600 MT/detik (Mega Transfer). RAM DDR3 beroperasi pada tegangan daya 1,5-1,8 Volt. Tipe prosesor dan papan induk yang dipakai oleh suatu komputer akan menentukan kompatibilitas kecocokan dengan RAM ini.

RAM DDR4

Harga RAM DDR4 lebih mahal dari DDR3. Tapi selain kekurangannya tersebut, Anda dapat menikmati kecepatan transfer data yang lebih tinggi dengan kisaran 2133 sampai 3200 MT/detik serta clockspeed yang mencapai 2133MHz berbanding 1066MHz milik DDR3. Perangkat keluaran terbaru umumnya sudah beralih menggunakan RAM DDR4.

Jenis-jenis RAM di HP

Bagaimana dengan HP? Lantaran dimensi ponsel jauh lebih ringkas dari komputer, maka jenis RAM yang digunakan pun berlainan. Pada smartphone, produsen RAM bertipe LPDDR (Low Power Double Data Rate). Selain bentuknya yang jauh lebih kecil, RAM ini juga mengonsumsi daya dalam jumlah lebih rendah.

Sejauh ini ada empat macam (generasi) RAM LPDDR yang digunakan oleh smartphone. Keempatnya adalah LPDDR3, LPDDR4, LPDDR4X, dan LPDDR5.

RAM LPDDR3

LPDDR3 merupakan kelanjutan inovasi dari LPDDR2 dengan kecepatan transfer data dan lebar pita yang lebih baik dari pendahulunya tersebut. LPDDR3 dirancang menggunakan arsitektur Prefetch dan terdiri atas satu kanal 32 bit.

Tipe RAM ini digunakan oleh smartphone lawas yang dulu sempat melegenda, seperti Xiaomi Mi A1, Samsung Galaxy S5 series, hingga ASUS ZenFone 2 ZE551ML.

RAM LPDDR4

Dirilis tahun 2012, LPDDR4 tawarkan kecepatan (clockspeed) yang mencapai 4.266 Mbps, lebih cepat 1,2 kali dibandingkan LPDDR3. Konsumsi dayanya pun makin efisien dengan reduksi daya hingga 37 persen lebih rendah. OnePlus 2 dan Xiaomi Mi 5 series adalah contoh produk pengguna RAM ini.

RAM LPDDR4X

Berselang empat tahun berikutnya, LPDDR4X lakoni debutnya. LPDDR4X 15 persen lebih cepat dalam mengolah data daripada LPDDR4. Kecepatannya setara dengan produk sebelumnya, tapi konsumsi dayanya lebih rendah. Lenovo Z5 Pro jadi ponsel pertama yang usung RAM ini.

RAM LPDDR5

Inilah tipe RAM paling baru dan paling canggih saat ini. LPDDR5 adalah jenis RAM yang punya kapabilitas untuk mendukung tugas komputasi modern, seperti pemrosesan machine learning, konektivitas 5G, performa AI, hingga kebutuhan gaming yang lebih baik. Saat ini LPDDR5 hanya dipakai oleh HP dari level flagship.

Fungsi RAM pada HP mempunyai prinsip yang sama seperti pada piranti komputasi yang lain. Salah satu fungsi RAM pada HP adalah memungkinkan perangkat ini digunakan untuk membuka banyak aplikasi/game secara bersamaan. Dan hal ini penting, karena saat ini hampir semua pengguna ponsel pintar pasti membuka beberapa aplikasi sekaligus. Dengan kapasitas RAM yang mencukupi, aplikasi tersebut dapat terus berjalan beberapa waktu dan pengguna bisa kembali ke titik sebelumnya (resume).

Selain itu, RAM berperan dalam mempercepat proses booting smartphone. Poin ini merupakan keuntungan bagi pengguna yang rutin mematikan ponsel di malam hari dan menyalakannya kembali keesokannya. Hal lain yang akan dirasakan dari keberadaan RAM adalah menentukan cepat atau lambannya suatu aplikasi atau game yang dijalankan. Anda dapat merasakannya ketika proses loading berjalan lebih cepat.

RAM LPDDR pada HP bekerja dengan cara menyimpan data-data dan instruksi temporer. Aplikasi atau game yang Anda luncurkan akan dimuat lebih awal pada RAM HP alih-alih storage internal (ROM) yang perlu lebih banyak waktu untuk melakukannya. Anda dapat beralih ke aplikasi atau game lain tanpa harus memulainya kembali dari awal selama RAM pada HP Anda punya kapasitas yang mencukupi. Inilah yang dinamakan dengan multitasking.[]

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...