Breaking News

Aceh Selatan Berhasil Antarkan 45 % Lulusan SMA ke PTN

Aceh Selatan Berhasil Antarkan 45 % Lulusan SMA ke PTN
Kacabdis Aceh Selatan Adi Multa ketika meninjau proses belajar di salah satu sekolah (foto: repro)

BANDA ACEH – Lulusan SMA dan SMK dari Kabupaten Aceh Selatan tahun 2020 berhasil menembus berbagai perguruan tinggi negeri (PTN) dalam dan luar Aceh. Keberhasilan tersebut ditengarai sebuah hasil kerja keras stakeholder pendidikan di bawah kepemimpinan Cabang Dinas Pendidikan Aceh wilayah Aceh Selatan.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan wilayah Kabupaten Aceh Selatan Drs Adi Multa mengatakan, tahun ini, terdapat 1.439 lulusan SMA/SMK yang mengikuti seleksi masuk PTN melalui berbagai jalur. Dari jumlah terebut, 643 orang berhasil tembus di berbagai PTN dengan persentase mencapai 44,68 %.

Menurut Adi Multa, jumlah kelulusan anak-anak Aceh Selatan ke PTN meningkat tajam dibanding tahun lalu yang berkisar 400-an orang. Pencapaian itu, katanya, tidak terlepas dari kerja keras berbagai pihak terutama peran para pendidik, kepala sekolah, para pengawas, dan juga kepedulian masyarakat.

Kepada Kanal73, dia menjelaskan, dari total yang melanjutkan ke PTN itu sebanyak 30 orang diterima di universitas luar Aceh, seperti Undip Semarang, Univrsitas Sebelas Maret Surakarta, IPB, Unibraw, Universitas Andalas Padang, Unimed, dan sejumlah lainnya.

Dia menerangkan lagi, lulusan SMA Aceh Selatan terbanyak diterima di Unsyiah, UIN Ar-Raniry, Universitas Teuku Umar, dan sejumlah PTN dalam daerah, termasuk Politeknik.

Adi berharap, prestasi yang telah diraih itu bisa semakin ditingkatkan pada masa-masa mendatang. Dengan semakin banyaknya angka melanjutkan, dia meyakini, hal itu bakal menyumbang kontribusi positif untuk kemajuan pembangunan daerah.[]

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...