Breaking News

Abdya Raih WTP untuk Kelima Kalinya

Abdya Raih WTP untuk Kelima Kalinya
Bupati Akmal Ibrahim (kanan) saat meneriman WTP dari Kepala BPK RI Perwakilan Aceh (foto: Kanal73/juanda kaswar)

BLANGPIDIE – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dinilai memiliki kinerja yang baik dalam penatausahaan keuangan daerah. Atas pencapaian tersebut, kabupaten ini kembali meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tahun ini.

Bupati Abdya Akmal Ibrahim menerima langsung penghargaan WTP yang diserahkan oleh Kepala BPK RI Perwaklan Aceh, Arif Agus SE MM Ak CPA, di kantor BPK RI Perwakilan Aceh Banda Aceh, Selasa (23/6/2020). Kabarnya, ini merupakan kali kelima Abdya meraih predikat WTP.

Merujuk WIKIPEDIA, WTP adalah opini audit yang akan diterbitkan jika laporan keuangan dianggap memberikan informasi yang bebas dari salah saji material. Jika laporan keuangan diberikan opini jenis ini, artinya auditor meyakini berdasarkan bukti-bukti audit yang dikumpulkan, perusahaan/pemerintah dianggap telah menyelenggarakan prinsip akuntansi yang berlaku umum dengan baik, dan kalaupun ada kesalahan, kesalahannya dianggap tidak material dan tidak berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan.

Dalam sambutannya, Akmal menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada BPK RI Aceh yang telah melaksanakan proses pemeriksaan keuangan Abdya dengan baik. Momentum ini, katanya, akan memberikan dorongan motivasi bagi jajarannya dalam pengelolaan keuangan sehingga lebih akuntabel dan transparan ke depan.

Dikatakan, Pemkab Abdya juga berkomitmen untuk selalu memperbaiki diri sehingga ke depan bisa lebih baik lagi. Karena itu, kata Akmal, sejalan kepemimpinannya yang terbuka, ia meminta jajarannya untuk tidak perlu ada ketakutan jika ada pemeriksaan BPK.

Bahkan, menurut Akmal, pemeriksaan oleh lembaga BPK memiliki arti penting bagi instansi pemerintah. “Agar pengelolaan keuangan berjalan sesuai ketentuan,” ujarnya.

Akmal turut didampingi sejumlah pejabat daerah ketika menerima penghargaan, antara lain, Sekretaris Daerah Abdya Drs Thamrin, Sekretaris DPRK Salman SH, Kepala Badan Keuangan, Salman Alfarisi ST, Kepala Inspetorat Drs. Said Jailani, dan Kabag Kominfo, Persandian dan Protolkoler Setdakab Abdya, Mawardi SH.[K73/C-1]

Komentar

Loading...