Abdee Slank Ditunjuk Jadi Komisaris PT Telkom

Abdee Slank Ditunjuk Jadi Komisaris PT Telkom
Gitaris Slank (foto: Kompas.com)

KANAL73.com – Menteri BUMN, Erick Thohir, menunjuk Abdi Negara Nurdin alias Abdee Slank menjadi Komisaris Independen PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Kalangan DPR menuding, penunjukan tersebut merupakan balas budi atas jasa Abdee telah iku memenangkan Jokowi pada pilpres lalu.

Penunjukan Abdee dilakukan setelah PT Telkom melakukan perombakan lewat Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar pada Jumat (28/5/2021). Pada forum tersebut, Menteri BUMN, Erick Thohir, menunjuk sejumlah tokoh untuk menggantikan jajaran dewan komisaris lawas, termasuk personil Slank. 

Pengangkatan pentolan group musik Slank pada posisi strategis di PT Telkom mendapat penilaian miring di tengah masyarakat. Ini mengingat reputasi figur tersebut yang dinilai tidak menguasai bidang tugas yang akan diemban.

Seperti hendak menepis anggapan publik, Senior Vice President Corporate Communication & Investor Relations Telkom Indonesia, Ahmad Reza, menjelaskan, bahwa Abdee Slank sebelumnya banyak berkecimpung dalam dunia digital.

Dilansir dari Kompas.com, Reza menuturkan, Abdee Slank pernah duduk sebagai Tim Pakar penyusunan UU Hak Cipta dan Pembentukan Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN).

Tidak hanya itu, kata Reza, pemusik ini juga merupakan Co-Founfer Importmusik.com, perusahaan digital distribusi musik. “Industri digital sangat bersinggungan dengan Hak Atas Kekayaan Intelektual," bela Reza.

Dia melanjutkan, dari rekam jejak tersebut bisa diketahui bahwa Abdee memiliki perhatian yang besar terhadap masalah Hak Atas Kekayaan Intelektual. Lantas apa tugas-tugas seoang komisaris PT Telkom?

Sesuai Pasal 1 Undang-undang RI Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, seorang komisaris bertugas melakukan pengawasan secara umum dan/atau khusus sesuai anggaran dasar.

Komisaris juga bertugas memberi nasihat kepada Direksi. Lebih jelas tugas seorang komisaris tertuang dalam Pasal 108 UU RI Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, yaitu:

1. Dewan Komisaris melakukan pengwasan atas kebijakan pengurusan, jalannya pengurusan pada umumnya, baik mengenai Perseroan maupun usaha Perseroan, dan memberi nasihat kepada Direksi.

2. Pengawasan dan pemberian nasihat sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan untuk kepentingan Perseroan dan sesuai dengan maksud dan tujuan Perseroan.[]

Sponsored:
Loading...

Komentar

Loading...