Breaking News

19 Orang Positif Covid-19 di Bener Meriah, 13 Diantaranya Paramedis

19 Orang Positif Covid-19 di Bener Meriah, 13 Diantaranya Paramedis
Ilustrasi (foto: repro)

REDELONG – Jumlah pasien yang dinyatakan positif terjangkit virus Corona di Kabupaten Bener Meriah mencapai 19 orang. Dari jumlah tersebut, 13 orang merupakan tenaga medis.

Update korban Covid-19 dari dataran tinggi itu disampaikan Direktur RSUD Muyang Kute, Bener Meriah, dr Sri Tabahhati, Rabu (29/7/2020). Dijelaskan, tenaga medis yang dinyatakan positif masing-masing 12 orang bertugas di RSUD Muyang Kute dan satu orang dari Puskesmas Simpang Tiga Redelong. "Semua yang terkonfirmasi positif Covid-19 saat ini berada di tiga lokasi yaitu RSUD Muyang Kute, Balai Latihan Kerja (BLK) Pante Raya dan RSUDZA untuk dilakukan perawatan dan isolasi," katanya saat memberi keterangan konferensi pers di Aula Sekdakab Bener Meriah.

Dia menerangkan, mereka yang dinyatakan positif Covid-19 ditangani secara berbeda. Mereka yang dalam kondisi sakit akan dirawat di RSUD Muyang Kute. Jika kondisinya berat akan dirujuk ke RSUDZA, sedangkan yang tidak sakit akan diisolasi.

Sekda Bener Meriah, Haili Yoga, mengatakan, Pemkab Bener Meriah akan menutup pelayanan kesehatan di RSUD Muyang Kute selama 14 hari ke depan akibat banyaknya tenaga media yang positif Covid-19. "Apapun yang kami lakukan adalah kesepakatan bersama. Semua pelayanan di RSUD Muyang Kute ditutup selama 14 hari ke depan, untuk sterilisasi seluruh ruangan," ujarnya.

Dia menjelaskan, untuk sementara waktu pelayanan kesehatan untuk masyarakat sekitar akan dialihkan ke Puskesmas terdekat. Selain itu, semua pasien rawat inap di RSUD Muyang Kute juga akan dipulangkan, kecuali pasien jiwa. "Khusus IGD, pelayanan paling lambat tiga hari akan dibuka kembali," kata Haili.

Selain menata pelayanan kesehatan publik, Tim Gugus Tugas Covid-19 Bener Meriah juga akan melakukan contact tracing terhadap semua orang yang pernah terhubung secara fisik dengan pasien positif. "Kami juga akan melakukan pembatasan terhadap beberapa kampung terkait pelaksanaan Salat Idul Adha nanti," ujar Haili.

Menurut keterangan Kadis kesehatan Bener Meriah, Iswahyudi Haryono ada enam kecamatan di daerah itu yang terkonfirmasi positif Covid-19, yakni Kecamatan Bukit, kecamatan Bandar, Wih Pesam, Bener Kelipah, Timang Gajah, dan kecamatan Permata.[]

Komentar

Loading...